Praktik Model Basis Masalah pada Pembelajaran IPA

By | 02/08/2020

AsikBelajar.Com | Lingkungan belajar untuk pembelajaran berdasarkan permasalahan didominasi oleh siswa (student center) yang dicirikan oleh adanya keterbukaan, proses demokrasi, dan peran aktif siswa. Keseluruhan proses yang terjadi dalam pelaksanaan berdasarkan masalah diharapkan dapat membantu siswa untuk memiliki kemandirian, percaya pada …220

keterampilan intelektual yang dimiliki, dan keterlibatan aktif dalam proses inkuiri.

Model pembelajaran berdasarkan permasalahan memilki langkah-langkah yang terdiri atas lima fase penting, seperti pada tabel di bawah ini.

Fase-Fase Perilaku Guru
Fase 1: Orientasi kepada masalah Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran IPA, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, dan memotivasi siswa terlibat ‘pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilih oleh guru tentang tema IPA tertentu.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar Guru Membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah pada tema IPA yang dipilih.
Fase 3: Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

 

Guru Mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah pada tema IPA yang dipilih.
Hal.221
Fase 4: Mengembangkan dan Guru Membantu siswa dalam menyajikan hasil karya Merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai, seperti: laporan, video, dan model serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.
Fase 5: evaluasi  Guru Membantu siswa untuk melakukan refleksi atau dan proses-proses yang mereka gunakan selama belajar tema IPA tertentu.
Hal. 222

Sumber:
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta. Hal. 220-222.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *