Aplikasi Teori Kontemporer Model Pengembangan

By | 15/07/2020

AsikBelajar.Com | Teori KONTEMPORER atau teori konstruktivisme pada dasarnya merupakan pengembangan dari teori sebelumnya, yaitu teori klasik behaviorisme. Pengembangan teori pembelajaran yang mencoba mendobrak konsepsi lama dari ,yang sifatnya teacher oriented menjadi student oriented. Dalam hal ini, guru tidak lagi menjadi pusat ilmu dan sumber informasi dalam proses belajar-mengajar, namun menjadikan siswa sebagai subjek belajar. Pembelajaran yang tidak menjadikan siswa sebagai subjek pasif namun subjek aktif dan kreatif.

Pandangan kontemporer tentang belajar adalah bahwa siswa merupakan subjek otonom yang belajar dengan membentuk atau membangun pengetahuannya sendiri. Pengetahuan yang diserap oleh siswa tidak lagi model transfer dari kepala guru ke kepala siswa, namun lebih pada …281

keaktifan dan serangkaian proses belajar sehingga siswa mengonstruksi sendiri pengetahuannya. Oleh karena itu, ditinjau dari segi konsepsi dasar teori pembelajaran tersebut, maka banyak model pengembangan pembelajaran yang kemudian bermunculan dan dipakai oleh banyak institusi pendidikan.

Semua model tersebut dikembangkan dari teori konstruktivisme sebagai konsep pembelajaran kontemporer. Mengenai teori konstruktivisme, telah kita ulas secara mendalam pada bab-bab sebelumnya, termasuk konsep, karakter, dan sebagainya. Sehingga, kita tidak perlu mengulas Iagi pada bab ini. Namun, bahasan kita pada bab ini adalah mengenai pengembangan dari paham teori konstruktivisme tersebut.

Beberapa teori memang sudah kita singgung pada bab sebelumnya mengenai aplikasinya, namun ulasan umumnya belum menyentuh hal-hal yang sangat prinsipil. Oleh sebab itu, pada bab ini kita akan mengulas beberapa model pembelajaran lain hasil dari pengembangan teori konstruktivisme berikut aplikasinya. Penyajian model pengembangan ini dapat dipraktikkan untuk memperkaya dan menambah khazanah aplikasi dasar-dasar pembelajaran kontemporer. …282

A. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Masalah [klik disini]
B. Aplikasi Student Team Achievement Division (STAD) [klik disini]
C. Aplikasi Pembelajaran Investigation Group [klik disini]
D. Aplikasi Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman [klik disini]

Sumber:
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *