Tugas-tugas Kepemimpinan

Tugas-tugas Kepemimpinan.  Hasibuan (2005: 205) mengemukakan tugas-tugas kepemimpinan yang merupakan cerminan dari perilakunya dalam melaksanakan proses kepemimpinan antara lain: (1) mengambil keputusan, (2) mengembangkan imajinasi, (3) mengembangkan kesetiaan pengikutnya, (4) pemrakarsa, penggiatan dan pengendalian rencana, (5) pelaksanaan keputusan dengan memberikan dorongan kepada para pengikutnya, (6) memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya, (7) melaksanakan kontrol dan perbaikan-perbaikan atas kesalahan, (8) memberikan tanda penghargaan, dan (9) mendelegasikan wewenang kepada bawahannya.

Berdasarkan pengertian bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi tingkah laku yang mengandung indikasi serangkaian tugas penting seorang pemimpin yaitu (Wahjosumidjo, 2002: 40):
  1. Mendefinisikan misi dan peranan organisasi : Misi dan peranan organisasi dapat dirumuskan dengan baik apabila seorang pemimpin lebih dulu memahami asumsi struktural sebuah organisasi.
  2. Pemimpin merupakan pengejawantahan tujuan organisasi : Dalam tugas ini pemimpin harus menciptakan kebijaksanaan ke dalam tatanan atau keputusan terhadap sarana untuk mencapai tujuan yang direncanakan.
  3. Mempertahankan keutuhan organisasi : Pemimpin bertugas untuk mempertahankan keutuhan organisasi dengan melakukan koordinasi dan kontrol melalui dua cara, yaitu melalui otoritas, peraturan, literally, melalui pertemuan, dan koordinasi khusus terhadap berbagai peraturan. 
  4. Mengendalikan konflik internal yang terjadi di dalam organisasi.
Untuk mengetahui Peran Pemimpin Pendidikan (Kepala Sekolah) menurut Usman (2008: 272) DAPAT KLIK DISINI
Tag : Manajemen
0 Comments for "Tugas-tugas Kepemimpinan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top