José de San Martín, Sang Penakluk Spanyol

José de San Martín, Sang Penakluk Spanyol
José de San Martín (1778-1950) adalah jenderal Argentina yang berhasil berjuang membebaskan Amerika Selatan dari kekuasaan Spanyol. Ia dijuluki "pembebas daerah selatan", sedangkan Simon Bolivar adalah "pembebas daerah utara".

José de San Martín dilahirkan di Argentina dan pergi ke Spanyol untuk mendapat pendidikan militer. Ia bergabung dalam tentara Spanyol dan bertempur melawan pasukan-pasukan Napoleon. Pada tahun 1812 ia kembali ke Argentina dan turut dalam revolusi kemerdekaan melawan penjajah Spanyol. Dalam rangkaian perttempuran selama sepuluh tahun berikutnya, ia mengalahkan pasukan-pasukan Spanyol di Argentina, Chili, dan Peru. Argentina menyatakan kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1816. José de San Martín membebaskan Chili pada tahun 1818 dan Peru pada tahun 1821.

Bulan Januari 1817 José de San Martín memimpin pasukan, yang terdiri dari 4.000 prajurit, dalam perjalanan selama 17 hari melintasi pegunungan Andes menuju Chili. Dalam dua pertempuran hebat ia mengalahkan Spanyol dan memerdekakan Chili pada tahun 1818.

Tahun 1822 ia bertemu dengan Bolivar. Kedua orang itu tidak memperoleh kesepakatan tentang masa depan negeri-negeri Amerika Selatan yang sudah merdeka. José de San Martín melepaskan kepemimpinannya. Ia bermukim di Eropa sampai akhir hayatnya. Pada tahun 1880 jenazahnya dibawa ke Argentina dan dimakamkan di sana.

Biografi Singkat:
José de San Martín
Lahir: 25 Februari 1778, Yapeyú, Argentina
Meninggal: 17 Agustus 1850, Boulogne-sur-Mer, Perancis
Pasangan: María de los Remedios de Escalada (m. 1812–1823)

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-20 Hal. 22. Internet.

Tag : Biografi
0 Comments for "José de San Martín, Sang Penakluk Spanyol"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top