Simon Bulivar Sang Pembebas

Simon Bulivar Sang Pembebas
Simon Bulivar Sang Pembebas - AsikBelajar.ComSimon Bolivar (1783-1830) memimpin Venezuela, Kolombia, Peru, dan Ekuador dalam perjuangan merebut kemerdekaannya dari kekuasaan Spanyol. Ia dijuluki El Libertadorarti pembebas.

Bolivar dilahirkan di Karakas, Venezuela.  Revolusi Prancis dan Amerika mengilhaminya untuk mengakhiri kekuasaan Spanyol di Amerika Selatan.  Tahun 1811 ia menyatakan kemerdekaan Venezuela.  Spanyol menghancurkan tentaranya yang kecil, tetapi ia terus berjuang.  Akhirnya pada tahun 1819 ia mengalahkan tentara Spanyol di Kolombia. Kemudian ia memimpin pasukan yang membebaskan Venezuela, Ekuador, dan Peru.  Tahun 1824 kekuasaan Spanyol selama hampir 300 tahun di Amerika Selatan berakhir.

Bolivar menjadi Presiden negara Kolombia Raya yang meliputi Kolombia, Venezuela, dan Ekuador.  Ia menginginkan Kolombia Raya menjadi negara semacam Amerika Serikat.  Tetapi Ekuador dan Venezuela meninggalkan persekutuan ini pada tahun 1830.  Bolivar kemudian mengundurkan diri dan tidak lama setelah itu, meninggal dunia karena penyakit tbc.

Dalam pertempuran Ayachucho tahun 1824, Bolivar memperoleh kemenangan gemilang untuk membebaskan Peru dari kekuasaan Spanyol.

Biografi sngkat:
Simón Bolívar
Mantan Presiden Bolivia
Simón José Antonio de la Santísima Trinidad Bolívar y Palacios adalah panglima militer perjuangan kemerdekaan Amerika Selatan yang secara kolektif dikenal dengan perang Bolívar. Ia membebaskan banyak negeri di Amerika Selatan dari Spanyol.
Lahir: 24 Juli 1783, Caracas, Venezuela
Meninggal: 17 Desember 1830, Santa Marta, Kolombia
Pasangan: María Teresa Rodríguez del Toro y Alaysa (m. 1802–1803)
Orang tua: Juan Vicente Bolívar y Ponte, María de la Concepción Palacios y Blanco
Saudara kandung: Juana Bolívar, Juan Vicente Bolívar, María Antonia Bolívar, María del Carmen Bolívar
Masa kepresidenan: 17 Desember 1819 – 4 Mei 1830

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-5 Hal. 6. +Internet.
Tag : Biografi
0 Comments for "Simon Bulivar Sang Pembebas"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top