Cara Pengambilan Sampel pada Systematic Random Sampling untuk Populasi Terbatas

Cara Pengambilan Sampel pada Systematic Random Sampling untuk Populasi Terbatas - AsikBelajar.Com.  Pada umumnya pengambilan sampel dengan metode acak sistematis (Systematic Random Sampling) bagi populasi yang jumlah anggotanya terbatas dilakukan melalui tahapan berikut:
  • Menentukan ukuran sampel (n) yang akan diambil dari keseluruhan anggota populasi (N).
  • Membagi anggota populasi menjadi k kelompok dengan ketentuan k harus lebih kecil atau sama dengan N/n.  Nilai k lebih besar dari N/n akan menyebabkan ukuran sampel yang diinginkan tidak dapat diperoleh (kurang dari n). Bila ternyata besarnya populasi (N) tidak diketahui, k tidak dapat ditentukan secara akurat, dengan demikian harus dilakukan pendugaan nilai k yang dibutuhkan untuk menentukan ukuran sampel sebesar n
  • Mnentukan secara acak satu unit sampel pertama dari kelompok yang pertama yang terbentukUnit sampel kedua, ketiga dan selanjutya kemudian secara sistematis dari kelompok kedua, ketiga dan selanjutnya.
Contoh:
Dari 100 orang karyawan ingin diambil secara acak sistematis 10 karyawan sebagai sampel. Penyelesaiannnya dapat dilakukan sbb:
  1. Menentukan banyaknya kelompok: k=100/10= 10, berarti ada 10 kelompok (tidak boleh lebh dari 10 kelompok).
  2. Memberi nomor urut secara acak pada 100 orang karyawan tersebut dari 1, 2, 3 sampai 100.
  3. Membagi keseluruhan anggota populasi menjadi 10 kelompok. Maka akan diperoleh kelompok pertama (kelompok A) berisi karyawan dengan nomor urut 1 hingga 10, kelompok kedua (kelompok B) dengan nomor urut 11 hingga 20, dst sampai kelompok J.
  4. Mengambil satu unit sampel secara acak pada kelompok A (pertama) misalnya terambil karyawan nomor 3. Setelah itu dilakukan pengambilan sampel pada kelompok yang berikutnya untuk satuan sampel yang berada segaris (memiliki jarak yang sama) dengan sampel nomor 3 tersebut. Anggota populasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah anggota populasi yang mempunyai nomor sbb:
        --------------------------------------------------------------------------
        Kelompok:        A       B     C       D      E       F       G      H      I        J
        No.Terpilih:        3     13    23     33     43     53     63     73     83     93
        --------------------------------------------------------------------------
Jadi pengambilan sampel yang dilakukan benar-benar secara acak hanyalah pada pengambilan sampel pertama dari kelompok pertama.  Sesudah sampel pertama tersebut terambil, maka sampel kedua, ketiga dst diambil secara sistematis dari kelompok kedua, ketiga dst.
Tag : Ujar
0 Comments for "Cara Pengambilan Sampel pada Systematic Random Sampling untuk Populasi Terbatas"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top