Bolivia; Negeri Di Atas Awan

Bolivia; Negeri Di Atas Awan - AsikBelajar.Com.  Bolivia adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian tengah.  Ia merupakan salah satu negara yang letaknya tertinggi di dunia.  Seluruh bagian barat negeri itu terdiri dari Pegunungan Andes yang menjulang tinggi dan selalu diselimuti salju.  La Paz, kota terbesar di Bolivia, letaknya 3.658 m di atas permukaan laut.

Di antara pegunungan-pegunungan Bolivia terdapat daratan tinggi yang disebut altiplano. Sebagian besar penduduk Bolivia, yang berjumlah 6 juta (saat itu) tinggal di sana, biasanya dalam rumah dari bata lumpur.  Pada umumnya, mereka adalah petani yang menanam kentang, gandum, dan kacang-kacangan.  Hewan peliharaan mereka, seperti Ilama dan alpaka, menghasilkan daging dan wol.

Bolivia memiliki banyak endapan timah.  Sebuah gunung terkenal bernama Cerro Rico atau "bukit kaya" hampir seluruhnya terdiri dari timah.  Banyak orang Bolivia bekerja di tambang-tambang timah di altiplano.

Orang Indian penduduk asli Bolivia ditaklukkan oleh bangsa Inka dalam abad ke-15.  Kemudian negara ini dijajah oleh Spanyol.  Kebanyak orang Bolivia sekarang adalah keturunan Indian dan Spanyol.  Nama Bolivia berasal dari nama Simon Bolivar.

Pada ketinggian 3.810 meter Danau Titicaca merupakan danau tertinggi di dunia yang dapat dilayari.  Danau ini membatasi Peru dan Bolivia.
Bolivia; Negara Di Atas Awan

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-5 Hal. 7.
Tag : Ujar
0 Comments for "Bolivia; Negeri Di Atas Awan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top