Memahami Konsep Dasar Belajar (Pengertian Belajar)

asik belajar dot com. Artikel ini potongan dari artikel yang membahas tentang Memahami Konsep Dasar Belajar yang terdiri dari: Pengertian Belajar (klik disini), Hakikat Belajar (klik disini) dan Ciri-Ciri Belajar (klik disini), Jenis-Jenis Belajar (klik disini) serta Aktivitas-Aktivitas Belajar (klik disini).

A.    Pengertian Belajar
Masalah pengertian belajar banyak dikemukakan oleh para ahli psikologi dan pendidikan dengan rumusan yang berlainan sesuai dengan bidang keahlian mereka masing-masing dan dengan alasan yang dapat mereka pertanggungjawabkan secara ilmiah.  Beberapa pendapat tersebut adalah:
James O. Whittaker (Djamarah, 2011: 12) merumuskan belajar sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
Cronbach berpendapat bahwa learning is shown bt change in behavior as a result of experience. Belajar sebagai suatu aktivitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
Howard L. Kingskey mengatakan bahwa learning is the process by which behavior (in the broader sense) is originated or changed through practice or traning. Belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.
Menurut Kolb (Trianto, 2010: 20), belajar adalah proses pengetahuan dikreasi melalui transformasi pengalaman.
Anthony Robbins (Trianto, 2010: 20) mendefinisikan belajar sebagai proses menciptakan hubungan antara sesuatu (pengetahuan) yang sudah dipahami dan sesuatu (pengetahuan) yang baru.
Slavin (Trianto, 2010: 21) belajar diartikan sebagai sebuah perubahan dalam diri seseorang yang disebabkan oleh pengalaman.
0 Comments for "Memahami Konsep Dasar Belajar (Pengertian Belajar)"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top