Kumpulan Teori- Teori Motivasi Para Ahli

Secara garis besar teori-teori motivasi dikatagorikan menjadi 2 pendekatan motivasi, yaitu (1) pendekatan isi: Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, dan Teori dua faktor Herzberg; dan (2) pendekatan proses: Teori Harapan Vroom, Teori Ekuitas Adams, dan Teori Penguat Skinner.
Teori Hirarki Maslow.
Teori motivasi Abraham Maslow merupakan salah satu teori motivasi yang paling populer dan terkenal. Menurut Maslow, manusia dimotivasikan untuk memuaskan 5 kategori kebutuhan:
  1. Kebutuhan fisilogis (phsiological needs), atau kebutuhan makanan, udara, air, dan seks.
  2. Kebutuhan keselamatan (safety needs), atau kebutuhan keamanan, stabilitas dan kebebasan dari ketakutan dan ancaman.
  3. Kebutuhan sosial (social needs), termasuk kebutuhan persahabatan, afeksi, penerimaan, dan Interaksi dengan yang lain.
  4. Kebutuhan penghormatan (esteem needs), termasuk kebutuhan perasaan personal untuk  berprestasi atau self esteem, pengakuan atau respek dari orang lain.
  5. Kebutuhan aktualisasi diri (self actualization needs), perasaan pemenuhan diri atau realisasi potensi seseorang.
Teori Dua – Faktor Herzberg
Menurut Herzberg, terdapat dua faktor yang dapat memotivasi manusia yaitu: motivator dan faktor penyehat (Hygiene factors). Motivator terdiri dari : prestasi pengakuan, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab, dan kemajuan dan pertumbuhan personal. Sedangkan faktor penyehat meliputi kebijakan dan administrasi, supervisi, hubungan dengan atasan, hubungan dengan sejawat,kondisi kerja, dan gaji/upah. Selanjutnya, Herzberg menyatakan bahwa apabila motivator terpenuhi, seseorang akan mendapat kepuasan (satiscation) dalam pekerjaannya; tetapi jika motivator tidak terpenuhi seseorang tidak akan mengalami ketidakpuasan (dalam posisi netral). Di pihak lain, apabila seseorang tidak terpenuhi faktor penyehatnya seseorang akan mengalami ketidakpuasan (unsatisfied), namun jika seseorang terpenuhi faktor penyehatnya dia tidak mengalami kepuasan (dalam posisi netral).

Teori Harapan Vroom
Teori harapan barangkali merupakan teori motivasi yang paling baik. Teori yang dipopulerkan oleh Victor H. Vroom ini didasarkan atas kepercayaan bahwa manusia akan bertindak untuk memaksimalkan penghargaan ( rewards ). Menurut Vroom, motivasi ditentukan oleh dua hal :
  1. Kepercayaan bahwa upaya akan mendatangkan penghargaan ( harapan ),
  2. Nilai melekat pada penghargaan spesifik ( valensi ). Pernyataan ini dapat dirumuskan dalam suatu formula: Motivasi =Harapan x Valensi.
Teori Ekuitas Adams
Teori proses motivasi yang kedua diperkenalkan oleh Stacy Adams. Secara umum. Teori mengacu pada teori ekuitas / keadilan. Teori ini menjelaskan bahwa kepuasan manusia terhadap hasil (outcomes) dan untuk memprediksikan perubahan perilakunya. Motivasi didefinisikan sebagai ekuitas yang dipersepsikan antara upaya (efforts) seseorang dalam pekerjaannya dan imbalan (return) yang diterima dari upayanya tersebut. Dengan perkataan lain, ekuitas dicapai oleh seseorang apabila terdapat kondisi: outcomes self/ inputs self = outcomes other/ inputs other.

Teori Penguatan Skinner
Teori proses motivasi yang terakhir didasarkan atas pemikiran B.F.Skinner, yang mengacu pada teori penguata, yaitu terdapat prinsip bahwa perilaku manusia merupakan fungsi dari konsekuensi. Dalam hal ini rangsangan (stimulus) menyebabkan timbulnya respon (respons), yang pada gilirannya mendatangkan konsekuensi (consequence). Mata rantai ini berkaitan dengan tipe-tipe penguatan (reinforcment), yang terdiri dari empat tipe: penguatan positif (positive reinforcment), pembelajaran penolakan (avoidance learning), peniadaan (extiction), dan hukuman (punishment).
Tag : Manajemen
0 Comments for "Kumpulan Teori- Teori Motivasi Para Ahli"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top