Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini - AsikBelajar.Com.  Di Indonesia, pendidikan pada tahap awal diwadahi dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui pendidikan formal, non formal, dan/atau informal (UU No.20 Tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28 Ayat 2). Pendidikan anak usia dini ini dinilai paling strategis, karena menentukan kualitas SDM dan pemimpin-pemimpin bangsa 30-40 tahun mendatang.

Pendidikan Anak Usia Dini
Menurut Pasal 28 Ayat 3 UU No.20/2013 disebutkan bahwa pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudahtul Athfal (RA),atau bentuk lain yang sederajat.  Selanjutnya, pada Pasal 28 Ayat 4 dijelaskan bahwa pendidikan anak usia dini pada jalur non-formal berbentuk Kelompok Bermain (KB),Taman Penipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajad.  Sedangkan Pasal 28 Ayat 5 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini pada jalur informal berbentuk pendidikan Keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

Salah satu contoh pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal adalah PAUD yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Anak Saleh (YPAS) di Malang.  YPAS menyelenggarakan program-program "pendidikan unggul yang bercirikan Islam".  Karena dengan keunggulan (excellence) dan ke-islam-an ini diharapkan dapat membentuk "manusia-manusia unggul", baik dari segi intelektual, sosial maupun spiritual.  Sesuai dengan nama Yayasan Pendidikan Anak Saleh, dapat dikatakan bahwa YPAS menginginkan adanya pendidikan yang mendorong anak menjadi sholeh, yaitu anak yang selalu berbuat kebajikan untuk dirinya, keluarganya, bangsanya, dan seluruh umat vAnak Saleh, yang meliputi KB Anak Saleh,  TK Anak Saleh, TPA Anak Saleh, English Center (English Core), sebagai English for Young Learners, Arabic for Children (Arabic Corner) dan Daily Bilingual (Bahasa Inggeris dan Bahasa Indonesia).

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 106). 
Tag : Manajemen
1 Comments for "Pendidikan Anak Usia Dini"

Saya tertarik dengan tulisan Anda.
Saya juga mempunyai video mengenai Pendidikan yang bisa anda kunjungi di http://video.gunadarma.ac.id/play.php?vid=484

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top