Masalah Kurikulum

Masalah Kurikulum - AsikBelajar.Com.  Kurikulum merupakan aspek yang sangat dasar dalam pendidikan.  Yang dimaksud kurikulum disini mengacu pada isi (content) pembelajaran.  Dari segi kurikulum ini dapat diungkapkan masalah-masalah kesederhanaan, keterkaitan, dan relevansi.
Masalah Kurikulum

Isi kurikulum yang disusun terlalu rinci dalam pelaksanaannya akan menjadi kurang lentur untuk menjawab persoalan-persoalan yang berkembang begitu cepatnya di masyarakat, serta mengurangi kurang gerakdan kreativitas guru dalam membuat keputusan-keputusan situasional.  Sebaliknya jika isi kurikulum disusun terlalu global, guru dikhawatirkan kurang siap untuk menjabarkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.  Guru yang kurang mampu mentransformasi acuan pokok ini dapat menyebabkan kehilangan arah dan secara serampangan menentukan isi kurikulum yang diajarkannya.

Selama ini, pola yang ditempuh dalam merumuskan isi kurikulum adalah monodisipliner, sehingga satu mata pelajaran dengan yang lainkurang ada keterkaitan.  Padahal proses transmisi budaya dapat dilakukan secara efektif apabila ada keterkaitan antara unsur-unsur budaya yang ditransmisikan.

Relevansi kurikulum terhadap realitas hidup juga merupakan masalah krusial yang perlu dipikirkan.  Isi kurikulum sering kurang menyentuh kehidupan nyata di masyarakat.  Contoh-contoh mengenai kondisi yang berkembang di masyarakat kurang mendapat penekanan.  Akibatnya seakan-akan perkembangan di sekolah terpisah dari perkembangan yang terjadi di luar sekolah.

Sumber:
Sohandji, Ahmad.  2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.  Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 101).
Tag : Manajemen
0 Comments for "Masalah Kurikulum"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top