Mengenal Piramida; Sejarah dan Penyebarannya

Piramide; Sejarah dan Penyebarannya - AsikBelajar.Com.  Sebelum artikel / postingan ini dibuatkan judul, AsikBelajar.Com melakukan browsing dengan kata kunci "Piramda" dan "Piramide".  Ternyata hasil adalah "sama" dan tidak ada perbedaan, yaitu sebuah bangunan berbentuk piramid.  Namun, judul yang diberikan di atas lebih mengacu pada buku literatur yang kami miliki. Inilah hasilnya...

Mengenal Piramide; Sejarah dan Penyebarannya
Piramide adalah bangunan dengan empat buah sisi berbentuk segi tiga yang bertemu di puncaknya. Dasarnya dapat berupa bujur sangkar atau empat persegi panjang.  Piramide terbesar dan paling terkenal dalam sejarah dibangun oleh orang Mesir kuno sebagai makam untuk raja-rajanya yang disebut Firaun. Di Mesir ada sekitar 80 buah piramide yang masih berdiri.  Kebanyak dibangun dari tahun 2664 hingga tahun 2180 SM.  Arsitek yang bernama Imhotep membangun piramde yang pertama, sebuah piramide yang bertangga di Saqqara, pada tahun 2650 SM.  Piramide ini merupakan kuburan bagi Raja Djoser dan mempunyai peralatan-peralatan atau tangga yang lebar.  Piramide terbesar adalah Piramide Khufu di Giza. Semula tingginya 147 m dan terdiri dari sekitar 2.300.000 balok batu kapur dan batu pasir, yang berat masing-masing 2,3 ton.

Orang Indian di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan pun mempunyai piramide.  Kebanyak bukan merupakan kuburan.  Sisinya bertangga dan puncaknya yang datar dipakai sebagai pelataran untuk kuil.  Beberapa diantaranya besarnya mendekati piramide paling besar.  Sisi piramide besar Matahari di Teotihuacan, Meksiko panjangnya 213 m.

Untuk membangun piramida, orang Mesir memotong balok-balok batu kapur dan batu pasir dari dalam tambang, menggunakan gergaji dan pahat tembaga.  Dengan eretan, tali dan pengungkit atau tuas, balok-balok itu ditarik beramai-ramai mendaki lereng-lereng yang dibuat dari tanah.  Seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini:

GAMBAR CARA MEMBANGUN PIRAMIDA DI MESIR
KLIK GAMBARNYA UNTUK MEMPERJELAS

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-18 Hal. 32.
Tag : Ujar
1 Comments for "Mengenal Piramida; Sejarah dan Penyebarannya"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top