Herman Hollerith dan Sejarah komputer

Herman Hollerith dan Sejarah komputer - AsikBelajar.Com. Herman Hollerith lahir tanggal 29 Februari 1860 dan meninggalkan dunia pada 17 November 1929. Dia adalah keturunan Jerman dan Amerika. Lalu siapakah dia dan apa yang membuatnya berperan dalam perkembangan sejarah komputer.
Peranan dalam sejarah komputer adalah dialah yang membangun mesin tabulator berbasiskan punched cards.

Herman Hollerith dan Sejarah komputer
Dengan fungsi untuk mempercepat pemrosesan statistik yang terdiri dari jutaan data.
Berikut kehidupan pribadinya sebagai salah saru orang dalam sejarah perkembangan komputer :
Hollerith dilahirkan di Bufallo,New York. Dan juga hidup lama disana. Kemudian dia masuk ke universitas Columbia University School of Mines, dan menyabet gelar insinyur pada tahun 1879. Kemudian menyelesaikan gelar Ph.D pada tahun 1890 di Columbia University.
Tahun 15 September 1890, Herman Hollerith menikah dengan Lucia Beverley Talcott.Pasangan ini dikarunia dengan 3 anak lelaki dan 3 anak perempuan. Pernikahan itu pun berakhir saat orang yang berjasa dalam sejarah perkembangan komputer ini meninggal pada tanggal 17 November 1929.
Mengapa Herman Hollerith menjadi orang yang berjasa dalam sejarah komputer.
Hollerith mengembangkan cara untuk membuat pemicu sebuah koneksi eletrik untuk alat perhitungan dan penyimpan informasi. Cara ini berasal dari ide bahwa data dapat di kodekan dengan angka. Dia melihat bahwa data dapat diletakkan (lubang) pada lokasi yang spesifik pada sebuah kartu (punched card). Kemudian kartu tersebut dapat dihitung atau diurutkan dengan mesin. Dan juga data dapat disimpan. Ini adalah ide dasar dari komputer zaman sekarang.

Sebuah perjalanan panjang dari sejarah komputer ya. Berawal dari sempoa, pascaline kemudian Charles babbage Berikut beberapa data perkembangan karirnya yang saya translate dari sebagian artikel berbahasa inggris :
Hollerith mulai bekerja untuk Kantor Sensus Amerika Serikat pada tahun pertama ia membangun aplikasi paten. Berjudul "Art of Compiling Statistik", ia mendapatkannya pada 23 September 1884, US Paten No 395782 diberikan pada 8 Januari 1889.
Mesin Hollerith yang dibangun di bawah kontrak untuk Kantor Sensus, yang digunakan mereka hanya dalam satu tahun. padahal sensus 1880 yang telah diambil delapan tahun.

Herman Hollerith dan Sejarah komputer
Hollerith kemudian memulai usaha sendiri di 1896, mendirikan Tabulating Machine Company. Sebagian besar utama biro sensus di seluruh dunia membeli peralatan dan kartu itu, sebagai perusahaan asuransi yang besar. Untuk membuat sistem kerja nya, dia jadian pertama otomatis kartu-pakan mekanisme dan pertama kunci punch (yakni suatu punch yang dioperasikan dari keyboard), yang diperbolehkan yang terampil ke operator kartu punch 200-300 per jam. Dia juga yang membuat tabulator. Hardwired tabulator 1890 yang telah beroperasi pada 1890 hanya Sensus kartu. Sebuah panel kontrol di 1906 Tipe I tabulator diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang berbeda tanpa harus dibangun ulang (langkah pertama menuju program). Penemuan ini merupakan dasar dari informasi yang modern industri.
Tag : Biografi
0 Comments for "Herman Hollerith dan Sejarah komputer"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top