Prinsip Pengumpulan Data Statistik Kependidiikan

Prinsip Pengumpulan Data Statistik Kependidiikan - AsikBelajar.Com.  Prinsip umum yang harus dipegang oleh siapa saja yang bermaksud menghimpun data statistik (termasuk di dalamnya data statistik pendidikan) ialah "dengan waktu, tenaga, biaya, dan alat yang sehemat mungkin, dapat dihimpun data yang lengkap, tepat, dan dapat dipercaya" adalah:
  1. Lengkapnya data ; Dalam pengumpulan data statistik kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menghimpun data yang selengkap-lengkapnya, dan bukan data yang sebanyak-banyaknya, sebab data yang banyak belum merupakan jaminan bahwa data tersebut cukup lengkap. Kata "lengkap" di sini mengadung pengertian bahwa volume data sebagaimana yang direncanakan, dapat dicapai dengan sebaik-baiknya; tidak ada data yang tercecer atau terlupakan untuk dihimpun sehingga mengakibatkan kesulitan dalam penganalisaannya.  Agar tercapai diperlukan adanya perencanaan yang tuntas.
  2. Tepatnya data ; Data yang dihimpun hendaknya merupakan data yang tepat, yakni tepat dalam hal: jenis atau macam datanya, waktu pengumpulannya, kegunaan atau relevansinya, alat atau instrumen yang dipergunakan untuk menghimpun data.
  3. Kebenaran data yang dihimpun ; Data yang dihimpun hendaklah data yang benar-benar dapat dipercaya atau dapat dijamin akan kesahinannya.  Ini artinya disamping data itu merupakan data yang benar (bukan data palsu atau data yang dipalsukan), juga merupakan data yang bersumber dari pihak yang memang berkompeten untuk dimintai datanya.  Jika tidak,  Jika tidak, kesimpulan yang akan ditarik dengan berdasarkan pada data tersebut akan menjadi jauh menyimpang dari keadaan yang sebenarnya atau tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Sumber:
Prof. Drs. Anas Sudijono, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-22, Halaman  26-28.
Tag : Ujar
0 Comments for " Prinsip Pengumpulan Data Statistik Kependidiikan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top