Dampak Penerapan Analisis SWOT pada Kegiatan Ekstra Kurikuler

Dampak Penerapan Analisis SWOT  - AsikBelajar.Com.  Sekarang ini kenyataan di lapangan memang menunjukkan bahwa kegiatan ekstra kurikuler mendapat proporsi yang tidak seimbang, kurang mendapat perhatian, bahkan cenderung disepelekan. Perhatian sekolah-sekolah juga masih kurang serius, hal ini terlihat dari kurangnya dukungan yang memadai baik dari segi dana, perencanaan, dan pelaksanaan, serta perannya sebagai bagian dari evaluasi keberhasilan siswa. Padahal dikalangan siswa, banyak proses aktualisasi potensi siswa yang terjadi melalui kegiatan ekstra kurikuler. Misalnya aktualisasi tentang kepemimpinan, kesenian, olahraga, kepekaan sosial, nilai religius, dan sebagainya sering muncul ketika ekstra kurikuler.

Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah, beberapa diantara kepala sekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagi para staf dan para siswa, kepala sekolah adalah mereka yang banyak mengetahui tugas-tugas mereka dan mereka yang menentukan irama bagi sekolah mereka (Lipham, 1960: 1).

Jika dilihat secara mendalam, maka ada beberapa manfaat mengikuti ekstra kurikuler. Pertama, dapat mengakomodasi keragaman kecerdasan dan potensi siswa. Kedua, lebih mendekatkan pendidikan pada dunia ril. Ketiga, memiliki fleksibilitas yang tinggi dari segi program dan kurikulum. Keempat, pendidikan dilaksanakan secara menarik dan menyenangkan. Perlu diluruskan lagi bahwa kecerdasan manusia tidak hanya dilihat dari kecerdasan intelektual (IQ) saja, tetapi juga dilihat kecerdasan emosionalnya (EQ), kecerdasan kreativitasnya (CQ), dan kecerdasan religiusnya (RQ). Keberagaman kecerdasan ini sangat mungkin tidak terakomodasi selama proses pembelajaran. Sekolah hanya mengutamakan pencapaian logical dan mathematical intelegence. Padahal potensi anak beragam. Dengan demikian pemahaman dan pengelolaan ekstra kurikuler yang baik akan membentuk siswa yang kreatif, inovatif, dan beradab sangat diperlukan.

Dampak penerapan analisis SWOT terhadap perencanaan kegiatan ekstra kurikuler dapat dilihat dengan jelas bahwa dengan analisis SWOT  kegiatan ekstra kurikuler terkonsep atau terencana dengan baik, dimana kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dapat diterawang. Tentu saja bila dikelola dengan baik kegiatan ekstra kurikuler akan membawa dampak positif baik terhadap siswa maupun terhadap sekolah hal ini sesuai dengan kriteria sekolah unggulan adalah sekolah yang memiliki prestasi dibidang akademik dan non akademik. Prestasi diperoleh melalui kegiatan akademik seperti nilai mata pelajaran diantaranya keberhasilan di dalam mengkuti ujian akhir nasional. Sedangkan prestasi non akademik diperoleh melalui kegiatan ekstra kurikuler.
Tag : Manajemen
0 Comments for "Dampak Penerapan Analisis SWOT pada Kegiatan Ekstra Kurikuler"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top