Beberapa Pendapat Ahli Tentang Jenis-Jenis Belajar

Beberapa Pendapat Ahli Tentang Jenis-Jenis Belajar - AsikBelajar.Com.  Belajar adalah proses untuk berubah. Tapi untuk mendapatkan perubahan itu ada bermacam-macam caranya. Pada setiap aktivitas belajar pasti mempunyai ciri sendiri-sendiri.

Didalam proses belajar terdapat berbagai jenis belajar. Adapun penggabungan dari tiga ahli (A. De Block, Robert M. Gagne, C. Van Parreren), yaitu:
  1. Belajar arti kata-kata. Belajar arti kata-kata maksudnya adalah orang mulai menangkap arti yang terkandung dalam kata-kata yang digunakan.
  2. Belajar Kognitif. Tak dapat disangkal bahwa belajar kognitif bersentuhan dengan masalah mental. Objek-objek yang diamati dihadirkan dalam diri seseorang melalui tanggapan, gagasan, atau lambang yang merupakan sesuatu bersifat mental.
  3. Belajar Menghafal. Menghafal adalah suatu aktivitas menanamkan suatu materi verbal dalam ingatan, sehingga nantinya dapat diproduksikan {diingat} kembali secara harfiah, sesuai dengan materi yang asli, dan menyimpan kesan-kesan yang nantinya suatu waktu bila diperlukan dapat diingat kembali kealam dasar.
  4. Belajar Teoritis. Bentuk belajar ini bertujuan untuk menempatkan semua data dan fakta {pengetahuan} dalam suatu kerangka organisasi mental, sehingga dapat difahami dan digunakan untuk memecahkan problem, seperti terjadi dalam bidang-bidang studi ilmiah.
  5. Belajar Konsep. Konsep atau pengertian adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama, orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek yang dihadapinya, sehingga objek ditempatkan dalam golongan tertentu.
  6. Belajar Kaidah. Belajar kaidah {rule} termasuk dari jenis belajar kemahiran intelektual {intellectual skill}, yang dikemukakan oleh Gagne. Belajar kaidah adalah bila dua konsep atau lebih dihubungkan satu sama lain, terbentuk suatu ketentuan yang mereprensikan suatu keteraturan.
  7. Belajar Berpikir. Dalam belajar ini, orang dihadapkan pada suatu masalah yang harus dipecahkan, tetapi tanpa melalui pengamatan dan reorganisasi dalam pengamatan.masalah harus dipecahkan melalui operasi mental, khususnya menggunakan konsep dan kaidah serta metode-metode bekerja tertentu.
Djamarah (2008) menyebutkan dalam bukunya ada beberapa jenis-jenis belajar yang merupakan penggabungan dari pendapat ketiga ahli di atas yaitu :
1.    Belajar arti kata-kata
2.    Belajar kognitif
3.    Belajar menghafal
4.    Belajar teoritis
5.    Belajar konsep
6.    Belajar kaidah
7.    Belajar berpikir
8.    Belajar keterampilan motorik
9.    Belajar estetis

Baca Juga: Memahami Konsep Dasar Belajar (Jenis-Jenis Belajar) [Klik Disini]

Sedangkan menurut Slameto (2010) menyebutkan dalam bukunya ada beberapa jenis-jenis belajar, yaitu :
1.    Belajar bagian (part learning, fractioned learning)
2.    Belajar dengan wawasan (learning by insight)
3.    Belajar diskriminatif (diskriminatif learning)
4.    Belajar global/keseluruhan (global whole learning)
5.    Belajar incidental (incidental learning)
6.    Belajar instrumental (instrumental learning)
7.    Belajar intensional (intensional learning)
8.    Belajar laten (latent learning)
9.    Belajar mental (mental learning)
10.    Belajar produktif (produktive learning)
11.    Belajar verbal (verbal learning)

Karena manusia memiliki tujuan, keinginan, dan kebutuhan yang berbeda-beda maka belajar memilki jenis-jenis yang berbeda. Adapun jenis-jenis tersebut adalah belajar abstract, belajar social, rasional, kebiasaan, apresiasi, dan lain sebagainya. Yang lebih singkatnya telah dibagi dalam tiga ranah yaitu kognitif, afekif dan psikomotorik.
0 Comments for "Beberapa Pendapat Ahli Tentang Jenis-Jenis Belajar"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top