Perbedaan Kebiasaan SMA dengan Kuliah yang Harus Dipahami Mahasiswa Baru

Perbedaan Kebiasaan SMA dengan Kuliah yang Harus Dipahami Mahasiswa Baru - AsikBelajar.Com.  Bagaimanapun sebuah kebiasaan yang telah dilakukan akan mendapat tantangan ketika memasuki dunia baru.  Lalu apakah ada perbedaan yang signifikan antara kebiasaan sewaktu masih di SMA dengan ketika menjadi seorang "Maha"siswa? Jelas ada bro, mari kita bahas satu-persatu...

Perbedaan Kebiasaan SMA dengan Kuliah

1. Jadi Mahasiswa Lebih Bebas Dibanding Anak SMA.
Urusan Rambut dan Penampilan: Mungkin kita masih ingat ketika rambut digunting dengan kejam oleh guru BK (dulu BP) karena rambut kita "terlalu" panjang untuk ukuran murid di lingkungan SMA tersebut.  Wah sedih dong...Nah ketika masuk kuliah, hal tersebut ngak ada yang urusin kamu. Mau botak, gundul, gondrong dan entah model apalah, paling kalau aneh orang cuma noleh bentar, cuek bro...

Baca Juga: Tips Mencari Kost yang Baik

Masalah kehadiran masuk kuliah juga:  Beda banget dengan sewaktu SMA. Dosen itu bukan "Guru" yang selalu sayang dan perhatikan kalian. Guru tahu anak didik ngak masuk dipanggil dan ditanya alasannya. Tapi kalau dosen? Emang siapa sih lho? Kalian dibiarkan bebas tidak masuk atau males-malesan, tapi bila jumlah masuk kuliah kaliah tidak mencukupi syarat minimal, maka kalian tidak bisa ikut ujian akhir alias automatis harus mengulang tahun depan. Adil kan bro...

Tidak Mengenal Seragam (secara umum), kecuali Jaket Almamater:  Nah ini ada hubungannya dengan penampilan.  Kesempatan saat kuliah bagi yang hobbi bergaya seleb, karena kalian boleh menggunakan baju, sepatu dan celana kesayangan kalian tanpa terikat seragam setiap harinya.

Masih banyak kebebasan yang akan kalian rasakan.  Jadi mahasiswa itu terlihat ada kebebasan yang lebih dibanding sewaktu SMA, namun jangan terjebak dengan "kebebasan" tersebut.  Karena kebebasan tersebut yang dapat membatasinya adalah "diri kamu sendiri".

2. Beda Sekolah dengan Kampus
Sewaktu SMA tempat belajar kalian sebut sekolah, tapi kalau sudah kuliah namanya menjadi kampus. Di sekolah ada keterikatan apel tiap senin, kalau di kampus kecuali ada peringatan tertentu. Di sekolahan ada bel atau lonceng tanda masuk dan berakhir pelajaran, di kampus hanya bel berakhir kuliah yang ada. Di sekolahan kalian dapat kursi dan meja, di kampus cuma dapat kursi dan tempat untuk nulis di pojok kanan kursi (ngirit amat ya).

3. Kuliah Bisa Cuti dan Kawin Bro...
Dalam masa studi perkuliahan karena alasan tertentu kalian dapat mengajukan cuti atau istilah kampusnya adalah terminal (bukan terminal bus bro heee). Dan menjadi hal yang biasanya sewaktu kuliah kalian melihat teman perutnya buncit karena hamil. Nah, hamil sewaktu SMA "diharamkan" walapun tidak ada peraturan yang jelas yang mengaturnya. Kecuali murid paket C.

Itu saja dulu bro, nanti kita sambung lagi. Semoga postingan ini ada manfaatnya bagi yang baca atau mau jadi mahasiswa baru.
Tag : Ujar
0 Comments for "Perbedaan Kebiasaan SMA dengan Kuliah yang Harus Dipahami Mahasiswa Baru"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top