Pengertian Analisis SWOT (Analysis SWOT)

Pengertian Analisis SWOT (Analysis SWOT) - AsikBelajar.Com.  Analisis adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah, meneliti terhadap perbuatan atau keadaan yang sebenarnya (Depdikbud RI, 1990: 935).

Pengertian Analisis SWOT (Analysis SWOT)

Adapun istilah SWOT dari berbagai referensi menjelaskan hal yang sama, sebagaimana yang dikemukakan oleh RD Jatmiko dalam bukunya yang berjudul managemen strategic. SWOT merupakan singkatan dari “strength (kekuatan potensi), weakness (kelemahan/masalah), opportunity (kesempatan/ peluang), threat (ancaman/hambatan) (RD. Jatmiko, 2003: 179).

Pengertian SWOT juga dapat dilihat dari buku bahan pelatihan manager, kata SWOT diterangkan secara lebih rinci melalui kata demi kata sebagai berikut:
S=Strength (kekuatan/potensi): Suatu keadaan atau kondisi yang ada/dimiliki, yang dianggap/merupakan hal-hal yang baik dalam hal kelola lingkungan.
W=Weakness (kelemahan/masalah): Suatu keadaan atau kondisi yang ada/dimiliki, yang dirasakan/dianggap sebagai hal-hal yang belum/ kurang baik/kurang menyenangkan dalam hal kelola lingkungan.
O=Opportunity (kesempatan/peluang): Suatu keadaan atau kondisi baik yang ada atau yang sudah/akan terjadi di dalam/di sekitar daerah dalam hal kelola lingkungan.
T=Threat (ancaman/hambatan): Suatu keadaan/kondisi tidak baik yang ada atau yang sudah/akan terjadi di dalam/di sekitar daerah yang dapat menghambat/mengancam proses kelola lingkungan (Pro LH Kalimantan, 1996: tp).

Begitu juga Agustinus Sri Wahyudi, dalam bukunya Manajemen Strategik memberikan penjelasan tentang SWOT sebagai berikut:
Strength/kekuatan adalah suatu keungulan seumber daya, keterampilan atau kemampuan lainnya yang relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar yang dilayani atau hendak dilayani oleh perusahaan. 
Weakness/kelemahan adalah keterbatasan/kekurangan dalam sumber daya. Keterampilan dan kemampuan yang secara serius menghalangi kinerja efektif suatu perusahaan. 
Opportunity/peluang adalah merupakan situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
Threats/ancaman adalah merupakan situasi utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan (Agustinus Sri Wahyudi, 1996: 68).

Dari beberapa penjelasan tentang analisis SWOT di atas dapat disimpulkan bahwa, analisis SWOT merupakan instrumen analisis perusahaan yang memadukan antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal dikelola dengan baik yakni mengembangkan potensi yang ada serta mencari solusi terhadap ancaman yang dapat merugikan perusahaan, dalam perkembangan selanjutnya diadopsi dan dicoba untuk diaplikasikan keberbagai instansi, organisasi, bahkan lembaga pendidikan.

Sekarang ini banyak lembaga pendidikan menggunakan analisis SWOT untuk membuat rencana/program hal ini dikarenakan banyak pemimpin sekolah/kepala sekolah sudah menyadari betapa pentingnya analisis SWOT dalam membuat sebuah rencana/program sekolah.

Beberapa Pengertian SWOT Liannya:
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek ata:-Pu suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT)

Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.

Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)  dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann proyek baru.

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk instrumen perencanaan yang terdapat dalam organisasi atau dalam manajemen perusahaan yang secara sistematis dapat membantu dalam upaya penyusunan suatu rencana yang matang, baik itu untuk tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.
Tag : Manajemen
0 Comments for "Pengertian Analisis SWOT (Analysis SWOT)"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top