Beberapa Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Baru

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Baru - AsikBelajar.Com.  Dinyatakan lulus dalam suatu perguruan tinggi yang kita mau jangan keburu senang.  Coba tanyakan dalam hati, apakah ini sesuai dengan pashionmu, sesuai jiwamu? Ataukah hanya ikut-ikutan teman atau ikutan trends?

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Baru

Ikutilah petunjuk di bawah ini:
1. Tidak mempunyai Visi yang Jelas
Visi ketika sewaktu SMA mau masuk ke perguruan tinggi seharusnya sudah jelas. Jangan visi tersebut dibentuk hanya sesaat atau pas ketika masuk kuliah. Visi itu harus kuat, karena ia dapat memberikan panduan hidupmu dalam mengejar cita-cita.  Orang yang mempunyai visi jelas hidupnya berkarakter. Ia tidak akan goyah tentang kesulitan hidup yang menerpanya. Mulai sekarang tetapkanlah visimu.

2. Bisakah Anda fokus menjalankannya?
Bila secara akademis kamu tidak dapat fokus terhadap mata kuliah tersebut, maka disarankan tahun depan kamu harus cepat-cepat ganti fakultas yang menurut kamu bisa dillakukan atau lebih enjoy kamu bisa melakukannya.

3. Mendaftar ke kampus favorit tetapi tidak melihat “akreditasi jurusan”
Ini merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh anak SMA ketika memilih jurusan tanpa terlebih dahulu mencari informasi akreditasi pada sebuah jurusan di sebuah kampus. Pastikan kamu memilih jurusan yang berkualitas yang tolak ukurnya salah satunya bisa dilihat dari akreditas jurusan/prodi. Jangan sampai kamu ketika telah kuliah disebuah kampus ternyata jurusan kampus tersebut masih akreditasi “Pengakuan BAN-PT”.

4. Salah memilih jurusan dengan memilih jurusan yang sedang “Trend”
 Mengikuti tren perkembangan jaman memang tidak ada salahnya, tetapi memilih jurusan karena hanya sedang tren bisa menjadi masalah besar untukmu, Kenapa? Karena tren sewaktu waktu selalu berubah. Sebagai contoh beberapa tahun lalu jurusan pendidikan merupakan jurusan yang paling favorite, kenapa? Karena beberapa tahun yang lalu pendidikan di indonesia masih memiliki kualitas yang rendah sehingga program pemerintah saat itu adalah menaikkan kualitas pendidikan indonesia. Hal ini membuat pemerintah banyak menerima sarjana-sarjana muda bidang pendidikan sebagai tenaga pengajar di berbagai pelosok negeri. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan saat ini, lulusan sarjana pendidikan sudah banyak, sehingga jumlah peminat dengan kebutuhan tidak seimbang. Hal ini lah yang menyebabkan banyak sarjana pendidikan yang pengangguran, tetapi perlu di ingat bahwa bukan berarti kamu tidak boleh memilih jurusan pendidikan.

5. “Ikut-ikutan” dengan jurusan yang dipilih teman.
Ikut-ikutan memilih jurusan yang dipilih teman merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh calon mahasiswa baru, kenapa? Itu mungkin karena faktor kekompakan saat kita berteman dimasa-masa SMA/Sederajat, tetapi perlu kamu ingat salah memilih jurusan bisa membuat kamu malas kuliah nantinya lebih baik kamu memilih jurusan yang sesuai passion kamu contoh kamu menyukai bidang seni tetapi temanmu menyukai bidang mesin, alangkah baiknya jika kamu memilih jurusan/prodi desain grafis dibandingkan ikut-ikutan memilih jurusan teknik mesin seperti jurusan yang dipilih oleh teman kamu.

Diolah dari berbagai sumber.
Tag : Ujar
0 Comments for "Beberapa Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Baru"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top