Pengertian Model Pembelajaran Cooperative Script

AsikBelajar.Com. Model pembelajaran Cooperative Script  dalam perkembangannya mengalami banyak adaptasi sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa pendapat para ahli mendefinisikan model pembelajaran Cooperative Script yang dirangkum dari beberapa sumber:
  • Model pembelajaran  Cooperative Script  menurut Dansereau dalam Slavin adalah skenario pembelajaran kooperatif. Artinya setiap siswa mempunyai peran dalam saat diskusi berlangsung.”11)
  • Menurut Slavin, dalam buku Tukiran Taniredja, “pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep sebagai wadah siswa bekerja sama dan  memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial.”12) 
  • Cooperative Script  yaitu  “metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian -bagian dari materi yang dipelajari.”13)
Dengan demikian, model Cooperative Script adalah model belajar yang berfokus pada proses pemahaman materi dengan mengandalkan kerja pasangan untuk saling melengkapi satu sama lain.

Sumber:
11) Tukiran Taniredja, dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, (Bandung: Alfabeta), h.60.
12) Ibid, h. 56.
13) Agus Suprijono.2014.  Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Belajar), h. 126.

Pengertian dari sumber lain adalah:
  • Metode Cooperative Script adalah salah satu dari beberapa metode yang ada di model pembelajaran kooperatif ( Cooperative Learning ). Metode ini dikemukakan oleh Danserau dan kawan-kawan pada tahun 1985.
  • Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkonstruksi konsep, menyelesaikan persoalan atau inkuiri. Pada pembelajaran kooperatif para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan, dalam hal ini sebagian besar aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa yakni mempelajari materi pelajaran dan didiskusikan untuk memecahkan masalah ( tugas ).
Adapun pengertian Pembelajaran Kooperatif adalah sebagi berikut :
  • Pembelajarn kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
  • Pembelajaran Kooperatif adalah pembelajaran yang menuntut kerjasama siswa dan saling ketergantungan dalam struktur, tugas, tujuan dan hadiah.
  • Sedangkan menurut Slavin, pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang beranggotakan 4 – 6 orang dengan struktur kelompok heterogen.
  • Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan adanya kerjasama antara siswa dalam suatu kelompok kecil yang bersifat heterogen untuk mencapai tujuan belajar bersama.
  • Suprijono (dalam Sinuraya, 2011:10) menjelaskan bahwa Cooperative Script merupakan metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
  • Selanjutnya Suyatno (2009:75) “Model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script merupakan model belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisar bagian-bagian materi yang dipelajari”. 
0 Comments for "Pengertian Model Pembelajaran Cooperative Script"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top