Klasifikasi Penggolongan Data Menurut Sumber dan Jenisnya

Dalam metode pengumpulan data dikenal beberapa jenis data sbb:

Berdasarkan Sumbernya:
a. Data Primer yaitu data yang didapat dari sumber pertama, baik dari individu/perseorangan  Dalam metode pengumpula data primer, peneliti melakukan sendiri baik di lapangan maupun di aboratorium. Pelaksanaannya melalui PERCOBAAN dan SURVEY yang diakukan bisa melalui 1) wawancara dengan responden, 2) Angket, dn 3) Pooling..

b Data Sekunder yaitu data primer yang diperoleh leh pihak lain atau data primer yang diolah lebih lanjut dan disajikan oleh pengumpul data primer atau oleh pihak lain yang pada umumnya disajikan dalam bentuk tabel-tabel atau diagram-diagram. Metode pengumpulan data sekunder sering disebut metode penggunaan bahan dokumen, karena dalam hal ini peneliti tidak secara langsung mengambil data sendiri tetapi memanfaatkan data atau dokumen yang dihasilkan pihak lain.

Berdasarkan Jenisnya:
a)  Data Kualitatif dan Kuantitatif
  • Data kualitatif adalah data yang sifatnya hanya menggolongkan saja. Yang termasuk dalam klasifikasi data kualitatif adalah data yang berskala ukur nominal dan ordinal. Contoh jenis pekerjaan seseorang (spir, binisman, guru, dll), motivasi karyawan (bagus, sedang, jelek). Bila ada angka yang digunakan hanya memberikan penggolongan saja, bukan sebagai petunjuk nilai tingkatan golongan.
  • Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka.  termasuk dalam klasifikasi data kualitatif adalah data yang berskala ukur interval dan rasio.  Contoh keuntungan perusahaan Golden tahun 1999 (Rp. 5 Milyar), kenaikan penjualan perusahaan AsikBelajar.Com (35%), dsb.
b) Data Internal dan Eksternal
  •  Data internal merupakan data yang didapat dari dalam perusahaan, organisasi atau instansi dimana riset dilakukan.  Data internal merupakan data yang menggambarkan keadaan dalam oganisasi tersebut.
  • Data eksternal adalah data yang menggambarkan keadaan di luar organisasi. Data eksternal pada umumnya didapat dari pihak lain dan digunakan sebagai pembanding.
c) Data Time Series dan Cross Section
  • Data time series atau  data deret waktu merupakan data yang dikumpulkan dari beberapa waktu tahapan waktu secara kronologis. Pada umumnya data deret waktu merupakan kumpulan data dari suau fenomena tertentu yang didapat dalam beberapa interval waktu tertentu, misalnya dalam mingguan, bulanan, atau tahunan. Contoh data eksport baju hangat PT ADMTEX ke Perancis dari tahun 1999-2015.
  • Data cross section atau data kerat lintang adalah data yang dikumpulkan pada waktu dan tempat tertentu saja.  Data cross section pada umumnya mencerminkan suatu fenomena tertentu dalam suatu kurun waktu tertentu saja, misalnya data hasil pengisian kuesioner tentang prilaku pembelian suatu produk kosmetik dari 235 orang responden pada bulan Januari 2015.
Tag : Ujar
0 Comments for "Klasifikasi Penggolongan Data Menurut Sumber dan Jenisnya"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top