Tips Mencari Pengalaman Sebelum Gagasan Usaha Direalisasikan

AsikBelajar.Com | Peribahasa mengatakan bahwa the experience is the best teacher.  Dengan demikian calon pengusaha harus terus mencari pengalaman baik sebelum usaha tersebut direalisasikan maupun pada saat usaha benar-benar dijalankan.

Alangkah baiknya sebelum menjalankan suatu usaha tertentu calon pengusaha menempuh hal-hal sebagai berikut: …148.
a) Memiliki pengalaman usaha pada bidang usaha yang akan dijalankan. Pengalaman usaha tersebut sangat berpengaruh pada berbagai aktifitas usaha terutama saat harus mengambil keputusan penting bagi pencapaian tujuan usahanya.
b) Jika tidak memiliki pengalaman pada bidang usaha yang diminati, minimal memiliki pengalaman pada usaha yang sejenis. Sebagai contoh usaha yang diminati adalah usaha salon, maka minimal memiliki pengalaman usaha pangkas rambut atau barber shop.
c) Mencari pengalaman terlebih dahulu sebelum suatu gagasan usaha dijalankan, misalnya dengan bekerja atau magang pada usaha yang sama.
d) Jika semua hal di atas dianggap terlalu lambat untuk membuka usaha, maka sebaiknya mencari mitra usaha yang sudah berpengalaman dan potensial. Mitra usaha ini di samping harus handal pada bidang usaha yang dijalankan yang penting lagi adalah orangnya harus jujur. Jika mitra usaha piawai tetapi tidak jujur, sementara calon pengusaha sendiri belum memiliki banyak pengalaman, maka tidak menutup kemungkinan akan diperalat oleh mitra usahanya.
e) Tidak mendirikan usaha baru atas dasar ikut-ikutan atau latah.

@Perbedaan bakat
Misalnya orang lain memiliki minat, bakat, kemampuan, dan pengalaman usaha konveksi maka dia sukses pada usaha tersebut. Sementara itu, seorang calon pengusaha tidak memiliki minat, bakat, kemampuan, dan pengalaman usaha konveksi, maka jika latah atau ikut-ikutan membuka usaha konveksi, besar kemungkinan akan gagal.

@Perbedaan sumber daya
Misalnya orang lain membuka usaha rental mobil dengan kelengkapan fasilitas mobil yang memadai maka usahanya sukses. …149.

Melihat kesuksesan tersebut calon pengusaha ikut-ikutan membuka usaha rental mobil dengan pasar sasaran yang sama dan harga yang sama juga, tetapi fasilitas mobil yang digunakan kurang memadai maka usahanya menjadi gagal.

@Perbedaan waktu
Misalnya banyak orang kaya raya dari usaha tenun pada zaman dulu dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Calon pengusaha mengikuti langkah mereka dengan membuka usaha yang sama pada saat ini, maka usahanya gagal karena dianggap ketinggalan zaman dan kuantitas produksi yang sedikit.

@Perbedaan tempat
Misalnya saat ini banyak usaha warnet yang berdiri di daerah pusat pendidikan, perkantoran, dan pemukiman yang padat penduduknya. Pemilihan lokasi itu ternyata memberikan dampak positif, terbukti warnet selalu ramai dikunjungi orang. Sementara itu, calon pengusaha ikut-ikutan membuka usaha warnet tetapi salah memilih lokasi usaha akibatnya menjadi gagal. …150.

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal. 148-150.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *