Tips Kuliah Bagi yang Pas-Pasan

AsikBelajar.Com | Tahun ajaran baru sudah mulai di depan kita, saatnya untuk mempersiapkan segalanya termasuk yang mau kuliah. Dalam artikel ini yang dimaksud “pas-pasan” disini  adalah suatu kondisi dari calon mahasiwa/i yang memiliki kemampuan prestasi akademik dan finansial/keuangannya dibatasi oleh karena keadaan kondisi dirinya, namun ingin kuliah agar dapat memperbaiki kehidupan di masa depan nantinya.  Kuliah dengan otak pas pasan dan kuliah dengan uang pas pasan agar kuliah yang cepat lulus.

Toga wisuda kartun

Jika Anda harus kuliah berkuliah di “swasta” dan mempunyai kemampuan yang pas-pasan jangan berkecil hati. Ikutilah tips di bawah ini sebelum memilih kampus untuk kuliah:

1. Koleksi Data Kampus
Carilah info sebanyak-banyaknya tentang rencana tempat kuliah, bisa jadi kampus Akademi, Sekolah Tinggi atau Universitas. Sesuaikan dengan hobbi/pesen keinginan kamu. Info penting dari kampus adalah “Akreditasi”nya karena ini penting bila kalian melamar pekerjaan untuk menjadi PNS/ASN. Cari juga jurusan kuliah cepat lulus agar kuliah cepat lulus. Selain itu, carilah fakultas yang memiliki program studi nya (Prodi) sesuai dengan “pesen” atau kegemaran/hobbi kalian agar dalam menjalani kuliah nanti lebih semangat dan enjoy. Dari sekian banyak data kampus yang sudah kalian dapat, buatlah peringkat sementara yang paling kalian minati sambil tips faktor 2, 3 dan lainnya di bawah ini.  Jangan terpengaruh dengan pilihan atau ajakan teman kalian, karena pilihan kalian akan menentukan masa depan kalian.

2. Waktu & Biaya Kuliah
Setelah kalian mendapatkan kampus dan prodi yang dituju, langkah selanjutnya adalah mencek lamanya waktu kuliah pada prodi di kampus yang kalian pilih tadi. Karena waktu lamanya kuliah berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. Sekarang, waktu rata-rata kuliah antara 8 semester atau 4 tahunan untuk jenjang strata 1 (S1). Perhatikan besarnya biaya kuliah per semester atau setiap 6 (enam) bulan. Sistem pembayarannya apakah dapat dicicil atau bagaimana. Ini sangat penting untuk kelancaran kuliah dan kehidupan keseharian kalian nantinya. Termasuk kapan dimulainya perndaftaran, perkuliahan dll.

3. Aksessibilitas Kampus
Di luar Jawa, masih banyak masalah dengan aksessibilitas antara daerah dengan daerah lain, baik karena faktor geografis maupun karena sarana/prasarana yang belum memadai.

Dikutip dari wikipedia bahwa Aksesibilitas (atau keteraksesan, ketercapaian) adalah derajat kemudahan dicapai oleh orang, terhadap suatu objek, pelayanan ataupun lingkungan. Dalam pengertian yang lain bahwa aksesibilitas merupakan ukuran kemudahan lokasi untuk dijangkau dari lokasi lainnya melalui sistem transportasi. Ukuran keterjangkauan atau aksesibilitas meliputi kemudahan waktu, biaya, dan usaha dalammelakukan perpindahan antar tempat-tempat atau kawasan. Kemudahan akses tersebut diimplementasikan pada bangunan gedung, lingkungan dan fasilitas umum lainnya. Aksesibilitas juga difokuskan pada kemudahan bagi penderita cacat untuk menggunakan fasilitas seperti pengguna kursi roda harus bisa berjalan dengan mudah di trotoar ataupun naik ke atas angkutan umum.

Jadi, jarak, waktu tempuh dan dengan kendaraan apa untuk menuju kampus nantinya dapat di jangkau dari tempat tinggalmu sangat perlu dipertimbangkan.

4. Info Beasiswa
Fasilitas beasiswa yang disediakan kampus termasuk banyaknya jatah setiap tahunnya. Ini perlu bila kalian ingin menambah uang saku di kehidupan harian kalian selama mengikuti kuliah nantinya. Pemerintah sejak jaman Presiden SBY sudah menyediakan beasiswa Bidikmisi bagi calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Selain Bidikmisi, ada juga beasiswa yang berprestasi akademik dan non akademik.  Ada juga kampus yang mendapat dana CSR dari perusahaan tempat dimana mereka beroperasi. Silakan kalian cari info tersebut di calon kampus kalian.

5. Ambil Keputusan
Apabila semua data kampus yang dibutuhkan sudah didapat dan sudah dibuatkan tabelnya, baik dari segi Akreditasi, Lama Studi, Biaya Kuliah, Aksessibilitas, Beasiswa dan infolainnya, maka saatnya kalian untuk menentukan pilihan kampus mana yang akan menjadi tempat kuliah kalian nantinya.

Itulah 5 Tips bagi yang mau kuliah tapi memiliki keterbatasan akademik dan/atau biaya versi AsikBelajar.Com.  Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *