Tips dalam Mengikuti Wawancara untuk Bekerja

AsikBelajar.Com | Dalam proses penerimaan karyawan baru (rekruitmen), selain dlakukan dengan beberapa test oleh pelaksana dilakukan juga proses tahap wawancara sebagai proses rekruitmen yang harus kalian lewati. Bisa jadi proses wawancara sebagai proses akhir dari deretan semua Test yang ada. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ikutilah tips di bawah ini:

Tips dalam Mengikuti Wawancara untuk Bekerja

A.Persiapan
1. Mental: Sebelum kalian mengikuti Test wawancara, persiapan mental adalah sesuatu yang sangat penting. Kalian tidak boleh terlihat gugup alias over nervous. Salah satu cara yang lumayan paten untuk menghilangkan rasa gugup atau nervous adalah dengan menarik nafas melalui mulut dalam-dalam dan melepaskan lewat hidung secara perlahan.
2. Pengetahuan
a) Tentang Perusahaan yang Dilamar: Sebelum mengikuti Test wawancara, kalian ada baiknya browsing company profile perusahaan yang akan kalian jadikan tempat kerja. Hal ini sangat penting bagi masa depan kalian.
b) Tentang Bidang / Bagian yang Dipilih: Kalian perlu menambah pengetahuan bidang yang dipilih di kantor tersebut dengan mencari artikel sebayak-banyaknya agar kalian dapat menguasai atau minimal mengetahui disaat dianyai user.
c) Mencari Acuan Soal Wawancara: Carilah informasi tentang tata laksana pelaksanaan proses wawancara yang sudah terjadi sebelumnya agar disaat kita mengalaminya sudah tidak terkejut dalam menghadapinya.
3. Penampilan: Bagaimanapun pelampilan saat mengikuti test wawancara dapat memberikan kesan atau hal positif dalam hal sebagai pandangan pertama. Usahakan penampilan saat mengikuti test wawancara berpakaian rapi, bersih dan wangi.

B. Pelaksanaan
1. Hadir Lebih Awal: Datanglah lebih awal dari jadwal undangan test wawancara. Hal ini sangat penting untuk mencari agar mengetahui ruang tempat dilaksanakan test wawancara dan ada waktu jeda untuk istirahat menunggu panggilan sambil membiasakan diri dengan lingkungan baru anda.
2. Sopan Ketika di Ruang Tunggu: Bisa jadi kamu memang tidak bertemu langsung dengan user (orang yang akan mewawancaraimu) di lobi. Namun, bisa jadi user memerhatikan kamu tanpa sepengetahuan kamu. Jadi, ada baiknya buat jaga-jaga, perhatikan sikap kamu saat berada di lobi menunggu panggilan wawancara.
Tidak salah buat mengecek ponsel namun bila di samping kamu ada kandidat lainnya, ada baiknya buat mengobrol aja. Bila di sekliling kamu ada bacaan yang bisa dibaca maka lebih baik pilih buat membaca daripada menatap ponsel.
3. Jabat Tangan dengan Pewawancara: Saat dipanggil buat masuk ke dalam ruangan user, pastikan kamu udah siap sedia buat jabat tangan dengan user.
Oleh sebab itu, pastikan barang bawaan kamu udah kamu rapikan. Misalnya, ponsel dimasukkan ke dalam saku atau tas. Tangan kiri pegang CV. Sementara itu, tangan kanan udah siap buat berjabatan dengan penuh percaya diri. Hal ini menunjukkan kamu benar-benar persiapan dan gak berantakan.
4. Jangan Berbicara Sebelum Disuruh: Lebih baik diam dan konsentrasi menunggu ditanya atau disuruh memperkenalkan diri saat sudah duduk di hadapan user para pewawancara. Jangan berkata hal yang tidak ada hubungannya dengan kondisi situasi jika seandainya ada teman dan atau saudara yang ada di depan anda.
5. Perkenalkan Diri Anda Secara Menarik: Tips wawancara kerja selanjutnya adalah siapkan kalimat menarik saat kamu diminta buat memperkenalkan diri.
Pertanyaan ini emang sedikit tricky. Kamu bisa aja menjabarkan seluruh riwayat pekerjaan dan pengalaman kamu buat menarik perhatian user. Namun, ternyata hal tersebut bakal membosankan.
User cuma pengin tahu detail tentang kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Jadi, usahakan buat kalimat perkenalan yang straight to the point tanpa bertele-tele.
6. Jawab Semua Pertanyaan Secara Logis: Jawablah semua pertanyaan yang diajukan oleh user. Jika ada pertanyaan yang belum anda ketahui jawablah dengan logis bukan berdasarkan opini anda.
7. Akhiri Secara Mantap dan Tanyakan Langkah Selanjutnya: Di akhir wawancara kerja, kamu bisa tegaskan ketertarikan kamu pada pekerjaan yang sedang kamu lamar ini. Kemudian, tanyakan pula langkah selanjutnya. Misal tentang step apa yang selanjutnya bakal dijalani serta kapan kira-kira dihubungi kembali bila lolos.
Jangan lupa ucapkan terima kasih atas ketersediaan waktu user buat manggil kamu buat wawancara.

Semoga tips ini berguna bagi yang mengikuti test wawancara mau bekerja. Semoga diterima yah, Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *