Sumber Data dari Populasi Menurut Arikunto

AsikBelajar.Com | Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi. Studi atau penelitiannya juga disebut studi populasi atau studi sensus.

Di dalam Encyclopedia of Educational Evaluation tertulis:

A population is a set (or collection) of all elements prossessing one or more attributes of interest.

Dikemukakan sebagai contoh:
1. Semua orang yang terdaftar dalam angkatan laut pada hari tertentu.
2. Semua televisi dari tipe yang sama yang diproduksi oleh suatu pabrik dalam satu tahun tertentu.
3. Semua mahasiswa yangterdaftar mengambil suatu mata kuliah tertentu.
4. Semua jenis senjata yang diperbolehkan oleh undang-undang.

Dilihat dari jumlahnya, maka populasi dapat:

1. Jumlah terhingga (terdiri dari elemen dengan jumlah tertentu) seperti contoh nomor 1, 2, dan 3 di atas.
2. Jumlah tak hingga (terdiri dari elemen yang sukar sekali dicari batasannya). Mungkin senjata itu kini sudah jadi, sudah direproduksi, tetapi mungkin juga belum diproduksi oleh pabrik, atau bahkan sudah rusak dan dimusnahkan.

Penelitian pepulasi dilakukan apabila peneliti ingin melihat semua liku-liku yang ada di dalam populasi. Oleh karena subjeknya meliputi Semua yang terdapat di dalam populasi, maka juga disebut sensus.

Penelitian populasi
Objek pada populasi diteliti, hasilnya dianalisis, disimpulkan, dan kesimpulan itu berlaku untuk seluruh populasi. Misalnya ingin mengetahui kualitas semua televisi produksi PT Nasional. Setelah diadakan penelitian kepada ”semua” produk televisi maka disimpulkan bahwa semua televisi buatan PT Nasional ”bagus” atau ”tidak bagus”. Tetapi apakah kita dapat meneliti semua televisi produk PT Nasional? Tentu saja tidak, karena setelah penelitian selesai PT Nasional masih memproduksi televisi. Jadi yang diteliti berarti tidak semua.

Penelitian populasi hanya dapat dilakukan bagi populasi terhingga dan subjeknya tidak terlalu banyak.

Produksi televisi PT Nasional tergolong populasi tidak terhingga. Jika peneliti memang ingin mengadakan penelitian populasi maka harus mengadakan pembatasan dulu, misalnya produksi televisi PT NasionaI tahun 1980. Dalam hal ini peneliti harus memeriksa kualitas televisi yang diproduksi PT Nasional selama satu tahun, lalu disimpulkan sebagal bagaimanakah kualitasnya produksi tahun tersebut.

Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal. 173-174.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *