Skala Pengukuran dalam Statistika

By | December 9, 2018
Skala Pengukuran dalam Statistika – AsikBelajar.Com. Secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan diadakannya suatu observasi adalah untuk memperoleh keterangan tentang bagaiana kondisi suatu objek pada berbagai keadaan tertentu yang ingin diperhatikan.
Sebelum melakukan observasi terhadap variabel yang akan diukur, terlebih dahulu perlu ditentukan skala pengukuran yang akan dilakukan, karena macam skala pengukuran ini akan mempengaruhi metode statistika yang akan digunakan dan akan memberikan kualitas informasi yang berbeda.
Ingat! penggunaan skala pengukuran akan menentukan jenis analisis statistik Parametrik dan Non-Parametrik.
Diantara bermacam-macam pengukuran untuk respon-respon yang diamati terhadap objek-objek, yang sering dipergunakan ialah ukuran-ukuran cacah, peringkat, panjang, volume, waktu, bobot, maupun pengukuran fisika-kimia.  Sesuai kemampuan kita dalam menilai atau mengukur suatu ciri atau karakteristik objek pengamatan, dalam statistika dibedakan 4 (empat) macam skala pengukuran yang mungkin dihasilkan, yaitu:
  1. Skala Nominal (Penjelasan, Klik Disini)
  2. Skala Ordinal (Penjelasan, Klik Disini)
  3. Skala Interval atau Selang (Penjelasan, Klik Disini)
  4. Skala Nisbah atau Rasio (Penjelasan, Klik Disini)
*) Untuk penjelasan klik link yang tersedia.
Category: Belajar Tags: ,

About AsikBelajar.Com

AsikBelajar.Com adalah sebuah catatan online dari berbagai sumber buku & Opini Penulis yang sewaktu-waktu dapat dibuka kembali untuk mempelajarinya disaat santai sehingga proses belajar (membaca) akan terus dapat terlaksana dalam keadaan dan kondisi tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *