Sasaran Objek Penelitian Tindakan ala Arikunto (Bagian 3/3)

AsikBelajar.Com | Sebagaimana sudah dijelaskan berkali-kali, fokus PTK adalah proses pembelajaran, yang mengutamakan aktivitas siswa. Meskipun demikian, guru yang mengaktifkan siswa juga perlu dijadikan fokus. Untuk keperluan pengamatan terhadap proses inilah maka peneliti harus menyiapkan lembar pengamatan. Dengan lembar pengamatan ini sekurangkurangnya ada empat hal yang termuat sebagai butir-butir pengamatan, yaitu (1) siswa, mengenai minat, semangat belajar, keaktifan, keseriusan, kerja sama dan lain-Iain, (2) suasana belajar yang diharapkan kondusif, (3) kelancaran pembelajaran, dan (4) prestasi atau hasil belajar siswa. Dengan penjelasan ini kiranya bagi pembaca akan semakin paham akan PTK, bahwa yang diamati difokuskan pada proses terlebih dahulu, kemudian baru pada hasil yang merupakan dampak dari proses. Siapakah yang mengamati proses itu? Jika yang ingin meningkatkan kemampuan mengajar adalah guru peneliti maka diusahakan guru tersebut mampu mengamati dirinya, yakni ketika sedang mengajar dan sesudah selesai mengajar. Tugas ini memang sulit tetapi guru diharapkan mampu melaksanakan. Memang sangat ideal apabila ada guru yang memahami proses pembelajaran yang mau membantu melakukan pengamatan, dan ketika refleksi, guru pengamat tersebut berperan sangat penting memberikan masukan yang bermanfaat untuk menyempurnakan siklus.

Lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati proses dapat dibuat dengan alternatif jawaban ”Ya” dan “Tidak”, atau bergradasi 1, 2, 3, dan 4. Dalam hal ini penulis lebih setuju dengan 4 gradasi saja, agar dapat dipilah menjadi 2.

4 sangat tinggi, sangat baik, sangat aktif dan sebagainya
3 tinggi, baik, aktif, dan sebagainya
2 rendah, tidak baik, tidak aktif, dan sebagainya
1 = sangat rendah, sangat tidak baik, sangat tidak aktif dan sebagainya

4 dan 3 dikategorikan ”Tinggi”
1 dan 2 dikategorikan ”Rendah”

Contoh lembar pengamatan d imaksud adalah sebagai berikut.

(Cuplikan sebagai contoh)
Lembar Pengamatan Proses PTK

Sasaran objek ptk

Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.145-146.

Keyword terkait:
penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah, penelitian tindakan madrasah, penelitian tindakan adalah, penelitian tindakan kelas adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *