Ragam Penelitian Ditinjau dari Tujuan

By | 03/02/2020
AsikBelajar.Com | Seorang peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Sebagai contoh, di suatu desa secara berturut-turut terjadi kematian penduduk Bab I: Ragam Penelitian terutama anak-anak di bawah umur 5 tahun. Kejadian tersebut kelihatan misterius sehingga menarik perhatian para dokter. Maka dibentuklah sebuah tim untuk mengadakan penelitian dengan maksud untuk menemukan sebab-musabab terjadinya musibah tersebut. Penelitian semacam ini dinamakan penelitian eksploratif.
Ragam penelitian
Pada tahun 1970 pemerintah Indonesia, yang dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ingin mencoba metode pengajaran berprograma sebagai metode penyampaian pelajaran. Maka disusunlah seri Buku Berprograma dan mulai dicoba digunakan di sekolah.
Semua kejadian yang berhubungan dengan proses belajar mengajar dicatat, diteliti, dan diadakan penyempurnaan seperlunya sehingga akhirnya diharapkan ditemukannya prototipe metode penyampaian dengan menggunakan Buku Berprograma. Mengadakan percobaan dan penyempurnaan inilah yang digolongkan sebagai penelitian developmental atau penelitian pengembangan. Hampirdi semua pabrik terdapat sebuah seksi yang bertugas mengadakan penelitian tentang hasil, mencoba meningkatkan mutu dalam skala kecil, dan kalau ternyata hasilnya lebih baik lalu dilakukan dalam skala luas. Seksi ini disebut Research and Developmend (R & D). Pada saat ini hampir di semua departemen terdapat bagian R 8: D yang dikenal sebagai bagian Litbang (Penelitian dan Pengembangan)lika dikaitkan dengan Bab l, penelitian ini termasuk operation research.
Jenis penelitian ketiga ditinjau dari tujuan adalah penelitian verifikatif. Contohnya adalah sebagai berikut.
Pada tahun 1970 pernah diadakan penelitian tentang rasa solidaritas rakyat pedesaan, dan dihasilkan suatu kesimpulan. Dua tahun kemudian seorang peneliti Iain mengadakan penelitian yang sama dengan tujuan untuk …14
mengecek kebenaran hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian yang bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain inilah yang diberi nama penelitian verifikatif.
Sebuah lembaga pemerintah mengadakan upaya untuk meningkatkan disiplin karyawan. Seteiah diketemukan strategi yang diperkirakan paling tepat, lembaga tersebut menyebarkan angket kepada para karyawan untuk menanyakan usul-usul guna mengefektifkan strategi dimaksud. Hasil yang diperoieh dari pengolahan data angket digunakan untuk menentukan kebijakan yang diambil oleh lembaga pemerintah tersebut sebagai upaya meningkatkan disipl in karyawan. Penelitian yang dilakukan oleh Iembaga pemerintah tersebut diklasifikasikan sebagai penelitian kebiiakan, karena menyangkut tindakan yangdiambil oleh pemerintah dan diberlakukan secara luas. …15
Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.14-15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *