Ragam Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu dan Tempatnya

AsikBelajar.Com | Ini artikel resume dari dua ragam penelitian yang dijadikan menjadi satu artikel. Simaklah artikel di bawah ini:

Ragam penelitian

1. Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Berkenaan dengan jenis spesialisasi dan interes, maka tentu saja bidang ilmu yang diteliti banyak sekali ragamnya menurut siapa yang mengadakan penelitian. Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adalah: penelitian terhadap pendidikan (Iebih sempit lagi pendidikan guru, pendidikan ekonomi, pendidikan kesehatan, keteknikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan, dan sebagainya).

2. Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
Seperti disebutkan dalam kalimat pertama sebagai pembuka buku ini, bahwa penelitian memang banyak dilakukan di laboratorium. Untuk masa sekarang yang bisa diteliti di laboratorium bukan monopoli ilmu pengetahuan alam saja, tetapi banyak bidang, termasuk penelitian bahasa.

Selain penelitian di laboratorium, penelitian di perpustakaan juga banyak dilakukan. Analisis isi buku (conteent analysys) merupakan kegiatan yang cukup mengasyikkan. Penelitian ini akan menghasilkan suatu kesimpulan tentang gaya bahasa buku, kecenderungan isi buku, tata tulis, Iay-out, ilustrasi, dan sebagainya.

Penelitian yang paling banyak dilakukan adalah penelitian kancah atau penelitian lapangan. Sesuai dengan bidangnya, maka kancah penelitian akan berbeda-beda tempatnya. Penelitian pendidikan mempunyai kancah bukan saja di sekolah tetapi dapat di keluarga, di masyarakat, di pabrik, di rumah sakit, asal semuanya mengarah tercapainya tujuan pendidikan. …16

Sumber:
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.16.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *