Quantum Learning : Penjelasan Model Pembelajaran Quantum Lengkap

By | 04/05/2020

AsikBelajar.Com | Quantum pada dasarnya merupakan interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Sedangkan quantum learning menurut Silberman (2006), didefinisikan sebagai interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Semua …158

Quantum learning

kehidupan adalah energi. Rumus yang terkenal dalam fisika kuantum adalah massa dikali kecepatan cahaya kuadrat sama dengan energi atau biasa dikenal dengan E=mc². Tubuh kita secara materi diibaratkan sebagai materi. Sebagai pelajar, tujuan siswa adalah meraih sebanyak mungkin cahaya: interaksi, hubungan, inspirasi agar menghasilkan energi cahaya.

Dengan kata Iain, quantum learning ialah pengajaran yang dapat mengubah suasana belajar yang menyenangkan serta mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain. Quantum learning merupakan orkestrasi bermacam-macam interaksi yang di dalam dan sekitar momen belajar atau suatu pembelajaran yang mempunyai misi utama untuk mendesain suatu proses belajar yang menyenangkan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa.

Quantum learning ialah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajaryang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Beberapa teknik yang dikemukakan merupakan teknik meningkatkan kemampuan diri yang sudah popuier dan umum digunakan.

Quantum learning bisa dikatakan sebagai penerapan cara belajar baru yang lebih melihat kemampuan siswa …159

Berdasarkan kelebihan atau kecerdasan yang dimilikinya. Quantum berarti percepatan atau lompatan. Kerangka pemikiran yang dibangun oleh ciri pembelajaran quantum learning ini adalah adanya sikap positif yang dibangun dalam diri siswa, dengan meyakinkan siswa bahwa setiap manusia mempunyai kekuatan pikiran yang tidak terbatas.

Ada yang beranggapan bahwa otak kita sama dengan otak Einstein. Dengan mempercayai kekuatan pikiran, kita dapat mengetahui dalil tentang otak, bahwa otak harus dilatih dan tidak masalah jika harus digunakan secara terus menerus. Kita hanya tinggal memilih saja, ingin memanfaatkan organ yang paling penting dalam hidup ini atau mengabaikannya sehingga menjadi tidak berguna.

Dalam quantum learning, guru sebagai pengajar tidak hanya memberikan bahan ajar, tetapi juga memberikan motivasi kepada siswanya, sehingga siswa merasa bersemangat dan timbul kepercayaan dirinya untuk belajar lebih giat dan dapat melakukan haI-hal positif sesuai dengan tipe kecerdasan yang dimilikinya. Cara belajar yang diberikan kepada siswa pun harus menarik dan bervariasi, sehingga siswa tidak merasa jenuh untuk menerima materi pelajaran. Di samping itu, lingkungan belajar yang nyaman juga dapat membuat suasana kelas menjadi kondusif. Siswa dapat menangkap materi yang diajarkan dengan mudah karena |ebih mudah untuk fokus kepada penyampaian guru. Pembelajaran pada quantum learning menuntut setiap siswa …160

untuk bisa membaca secara cepat dan membuat ringkasan berupa catatan sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan mereka dalam meringkus pelajaran. …161

  1. Prinsip & Konsep Kunci dalam Quantum Learning [Klik Dsini]
  2. 10 Pendukung Model Quantum Learning Agar Bejalan Baik [Klik Dsini]
  3. 6 Karakteristik Pembelajaran Quantum Learning [Klik Dsini]
  4. Kelebihan dan Kelemahan Quantum Learning [Klik Dsini]
  5. Perbedaan Quantum Learning VS QuantumTeaching [Klik Dsini]

Sumber:
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta. Hal.158-161.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *