Publish Artikel di Orcid Lewat Base

By | December 3, 2022

AsikBelajar.Com | Sepengetahuan penulis, ada 3 cara agar artikel tampil di ORCID, 1) Secara automatis, 2) Manual, dan 3) Lewat claim di website BASE. Nah dalam artikel ini pilihan ke 3 yang akan kita bahas. Sebelum kita membahas bagaimana cara mem-Publish Artikel di Orcid Lewat pengindex Base bahasa gaulnya adalah Cara Pasang artikel di Orcid lewat Base, ada baiknya kita mengenal apa itu Orcid dan Pengindex Base.

Orcid dan BASE

Mengenal ORCID [https://orcid.org/]

ORCID, singkatan dari Open Researcher and Contributor ID, adalah organisasi nirlaba global yang didukung oleh biaya dari organisasi anggota kami. Kami dibangun oleh komunitas dan diatur oleh perwakilan Dewan Direksi dari keanggotaan kami dengan perwakilan pemangku kepentingan yang luas. ORCID didukung oleh staf profesional yang berdedikasi dan berpengetahuan luas (Sumber: https://info.orcid.org/what-is-orcid/ diterjemahkan menggunakan Google terjemahan).

Prinsip Pendirian ORCID

  1. ORCID akan bekerja untuk mendukung pembuatan catatan penelitian dan komunikasi ilmiah yang permanen, jelas, dan tidak ambigu dengan mengaktifkan atribusi penulis dan kontributor yang andal.
  2. ORCID akan melampaui batas-batas disiplin, geografis, nasional, dan kelembagaan.
  3. Partisipasi dalam ORCID terbuka untuk organisasi mana pun yang memiliki minat dalam penelitian dan komunikasi ilmiah.
  4. Akses ke layanan ORCID akan didasarkan pada ketentuan yang transparan dan tidak diskriminatif yang diposting di situs web ORCID.
  5. Peneliti akan dapat membuat, mengedit, dan memelihara pengidentifikasi ORCID dan merekam secara gratis.
    Peneliti akan mengontrol pengaturan privasi yang ditentukan dari data rekaman ORCID mereka sendiri.
  6. Semua data yang disumbangkan ke ORCID oleh peneliti atau diklaim oleh mereka akan tersedia dalam format standar untuk diunduh gratis (tunduk pada pengaturan privasi peneliti sendiri) yang diperbarui setahun sekali dan dirilis di bawah pengabaian CC0.
  7. Semua perangkat lunak yang dikembangkan oleh ORCID akan dirilis secara publik di bawah lisensi Perangkat Lunak Sumber Terbuka yang disetujui oleh Inisiatif Sumber Terbuka. Untuk perangkat lunak yang diadopsinya, ORCID akan lebih memilih Open Source.
  8. Pengidentifikasi ORCID dan data rekaman (tunduk pada pengaturan privasi) akan tersedia melalui kombinasi API dan layanan gratis dan berbayar. Setiap biaya akan ditetapkan untuk memastikan keberlanjutan ORCID sebagai organisasi amal nirlaba yang berfokus pada kegigihan sistem ORCID dalam jangka panjang.
  9. ORCID akan diatur oleh perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan, yang sebagian besar tidak mencari keuntungan, dan akan berusaha untuk transparansi maksimal dengan memposting ringkasan semua rapat Dewan dan laporan keuangan tahunan secara publik.

Mengenal Pengindex BASE [https://www.base-search.net/]

BASE adalah salah satu mesin pencari terbesar di dunia terutama untuk sumber daya web akademik. BASE menyediakan lebih dari 300 juta dokumen dari lebih dari 10.000 penyedia konten. Anda dapat mengakses teks lengkap sekitar 60% dari dokumen yang diindeks secara gratis (Akses Terbuka). BASE dioperasikan oleh Perpustakaan Universitas Bielefeld.

Kami mengindeks metadata dari semua jenis sumber daya yang relevan secara akademis – jurnal, repositori institusional, koleksi digital, dll. – yang menyediakan antarmuka OAI dan menggunakan OAI-PMH untuk menyediakan kontennya (lihat Aturan Emas untuk Manajer Repositori kami).

Indeks terus ditingkatkan dengan mengintegrasikan lebih lanjut sumber / penyedia konten (Menjadi penyedia konten). Kami sedang mengerjakan beberapa fitur baru seperti layanan klaim untuk penulis dalam proyek ORCID DE.

BASE adalah penyedia layanan OAI yang terdaftar. Manajer basis data dapat mengintegrasikan indeks BASE ke dalam infrastruktur lokal mereka (misalnya mesin telusur meta, katalog perpustakaan). Selanjutnya ada beberapa alat dan layanan untuk pengguna, pengelola database dan repositori.

Dibandingkan dengan mesin pencari komersial, BASE ditandai dengan fitur-fitur berikut:

  1. Penyedia konten diindeks hanya setelah diperiksa oleh personel yang berkualifikasi dari Perpustakaan Universitas Bielefeld.
  2. Hanya server dokumen dan jurnal yang memenuhi persyaratan khusus kualitas dan relevansi akademik yang disertakan
  3. Daftar penyedia konten kami memberikan transparansi dalam pencarian
  4. Mengungkapkan sumber daya web dari “Web Dalam”, yang diabaikan oleh mesin telusur komersial atau tersesat dalam jumlah besar hit
  5. Koreksi, normalisasi, dan pengayaan metadata melalui metode otomatis
  6. Pencarian multibahasa (temukan istilah pencarian di lebih dari 20 bahasa terjemahan)
  7. Tampilan hasil pencarian mencakup data bibliografi yang akurat
  8. Tampilan akses dan ketentuan penggunaan kembali untuk dokumen
  9. Beberapa opsi untuk mengurutkan daftar hasil (berdasarkan penulis, judul, tanggal)
  10. Opsi “Perbaiki hasil pencarian Anda” (berdasarkan penulis, subjek, DDC, tahun publikasi, penyedia konten, bahasa, jenis dokumen, akses, dan persyaratan penggunaan ulang)
  11. Menjelajah berdasarkan DDC (Klasifikasi Desimal Dewey), jenis dokumen, akses, dan ketentuan penggunaan ulang / lisensi. (Sumber: https://www.base-search.net/about/en/index.php).

Nah, jelas bagi seorang peneliti website ORCID dan BASE sangatlah penting untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. AsikBelajar.Com merangkumnya dalam Langkah-Langkah berikut ini:

Syarat untuk mempublish pasti harus memiliki akun di ORCID dan BASE. Daftarlah di ORCID pada URL ini : https://orcid.org/signin [Klik Linknya] dan untuk daftar BASE di URL ini : https://www.base-search.net/MyResearch/Account?redirectId= [Klik Linknya].

Setelah memiliki kedua akun tersebut [ORCID dan BASE], maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

LANGKAH PERTAMA : Login ke akun BASE, seperti gambar di bawah ini:

LANGKAH KEDUA : Masukkan nama lengkap Anda ATAU URL Jurnal yang memuat artikel Anda, lihat gambar di bawah ini:

LANGKAH KETIGA: Bila sudah masuk dan Artikel (pada No.1), nama Anda (pada No.2) dan data No. 4 dan 5 sudah BENAR, Maka KLIK tulisan claim pada No.2, seperti gambar di bawah ini:

LANGKAH KEEMPAT: Bila ID ORCID sudah sesuai punya Anda (No.5), maka KLIK pada fitur No.6, seperti di bawah ini:

LANGKAH KELIMA: Silakan CEK ke Akun Orcid untuk mengetahui Artikel yang Anda CLAIM tadi (apakah sudah ada di ORCID atau Belum).

Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin YRA.

Category: Aplikasi Tags: , ,

About AsikBelajar.Com

AsikBelajar.Com adalah sebuah catatan online dari berbagai sumber buku & Opini Penulis yang sewaktu-waktu dapat dibuka kembali untuk mempelajarinya disaat santai sehingga proses belajar (membaca) akan terus dapat terlaksana dalam keadaan dan kondisi tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *