7 Hal Penting dalam Program Musik Anak Prasekolah - Page 2 of 3 - AsikBelajar.Com

7 Hal Penting dalam Program Musik Anak Prasekolah

rentang nada yang sangat mengherankan. Banyak suara anak-anak usia 3-4 tahun memiliki rentang nada dari C menengah sampai C atau D pada oktaf di atasnya. Lagu dengan rentang antara 3 atau 4 nada lebih mudah dipelajari oleh anak-anak kecil. Ketika anak menyanyi, rentang suara mereka akan bertambah. Beberapa anak kadang menyanyikan lagu mereka sendiri dalam kunci minor, bertentangan dengan lagu-lagu yang sering diajarkan.

4. Lagu-lagu Anak Menyenangkan
Lagu-lagu yang sederhana berhubungan dengan kegiatan anak-anak merupakan tambahan kenikmatan untuk kegiatan bermain dan membangun keterampilan menyanyi anak. Sebagai contoh, lagu “Aku Punya Tangan dan Kaki”, mengajarkan anak-anak bahwa mereka dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa dibantu oleh orang lain dengan cara yang menyenangkan dan lagu tersebut memiliki syair yang sederhana serta mudah dipahami oleh anak. Anak-anak dapat menyanyikannya sambil bermain.

5. Kriteria Memilih Musik
Musik untuk anak tidak dapat dipilih begitu saja. Tentu ada kriteria yang harus dipenuhi agar kita tidak salah dalam memilih musik untuk anak sehingga musik tersebut tidak sekadar menghibur tetapi mendidik. Berikut ini . kriteria-kriteria pemilihan musik untuk anak usia 2-3 tahun dan usia 4-5 tahun.

a. Usia 2-3 tahun
1) Ritme
Hendaknya tidak terlalu menyentak-nyentak atau “riang” (ditandai dengan simbol titik pada not), namun pakailah satu seri notasi yang sejenis dengan sedikit perubahan ritme. Pakailah lagu-lagu dengan tempo 2/4 atau 4/4 karena jenis inilah yang paling mudah merangsang gerak tubuh dan aktivitas (berjalan, berbaris, bertepuk tangan, dan lainnya)

2) Melodi
Hendaknya yang sederhana, indah, mudah untuk diikuti, lembut (tidak terlalu melompat-lompat) dan banyak pengulangan.

3) Harmoni
Hendaknya hanya memakai kunci cord-cord dasar saja (bukan discord atau harmoni tertutup), serta perpindahan cord yang lembut yang ditandai dengan perpindahan kunci yang jarang. Nada yang dipakai hendaknya juga nada-nada mayor. #7.44

4) Volume
Hendaknya dinyanyikan dengan satu tingkatan yang umum, untuk mengontraskan hindari penggunaan dengan crescendo atau perubahan-perubahan mendadak lainnya.

5) Tempo
Tempo hendaknya sedang saja, tetapi juga tidak terlalu lambat sehingga mereka tidak menyanyi dengan nada yang terlalu panjang atau kehilangan minat jika mendengarkannya. Juga tidak terlalu cepat sehingga mereka tidak dapat mengikuti dengan baik ketika menyanyi atau mendengarkan. Tempo juga hendaknya disesuaikan dengan kecepatan aktivitas yang mereka lakukan.

6) Kualitas Nada Suara
Hendaknya suara dapat dinikmati dan bebas dari suara-suara keras, tidak terlalu banyak memakai getaran suara (vibrasi), tetapi juga tidak terlalu kurang sehingga membuat nada suara terdengar tipis atau bunyinya datar.

7) Syair
Lagu untuk usia ini hendaknya memakai syair kata-kata yang dapat mengkomunikasikan bidang pengalaman mereka. Kata-katanya juga harus mudah diucapkan, dibangun dengan huruf-huruf vokal, sederhana, dan diulang-ulang.

b. Usia 4-5 tahun
1) Ritme
Guru dapat mengawali dengan lagu-lagu yang memakai penekanan-penekanan irama ringan pada ritmenya, jika hal itu dapat membantu mereka menyelaraskan perkembangan sensitivitas mereka dalam mendengarkan ritme.

2) Melodi
Aturannya sama, seperti untuk anak usia 2-3 tahun.

3) Harmoni
Guru dapat mulai memakai musik yang menggunakan beragam jenis kord, tetapi tetap dalam irama mayor.

4) Volume
Guru sudah dapat mulai memakai dinamik asalkan tetap lembut dan dipakai dengan tujuan sebagai penekanan. #7.45 […] Lanjut halaman ke-3, Klik disini

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress