Praktik Pembelajaran IPS dengan Inkuiri

By | 08/06/2020

AsikBelajar.Com | Model inkuiri adalah salah satu model pembelajaran yang memfokuskan kepada pengembangan kemampuan siswa …227

dalam berpikir reflektif kritis, dan kreatif. Pelaksanaan inkuiri di dalam pembelajaran pengetahuan sosial dirasionalisasi pada pandangan dasar bahwa dalam model pembelajaran tersebut. siswa didorong untuk mencari dan mendapatkan informasi melalui kegiatan belajar mandiri. Model inkuiri pada hakikatnya merupakan penerapan metode ilmiah khususnya di lapangan sains, namun dapat dilakuhkan terhadap berbagai pemecahan problem sosial.

inkuiri

Langkah-langkah yang harus ditempuh di dalam model inkuiri pada hakikatnya tidak berbeda jauh dengan langkah-Iangkah pemecahan masalah yang dikembangkan oleh John Dewey. Berikut langkah-langkah praktik pembelajaran inkuiri, yaitu:
a. Orientation; siswa mengidentifikasi masalah, dengan pengarahan dari guru terutama yang berkaitan dengan situasi kehidupan sehari-hari.
b. Hypothesis, yakni kegiatan menyusun sebuah hipotesis yang dirumuskan sejelas mungkin sebagai antiseden dan konsekuensi dari penjelasan yang telah diajukan.
c. Definition, yaitu mengklarifikasi hipotesis yang telah diajukan dalam forum diskusi kelas untuk mendapat tanggapan.
d. Exploration. Pada tahap ini, hipotesis diperluas kajiannya dalam pengertian implikasinya dengan asumsi yang dikembangkan dari hipotesis tersebut.
e. Evidencing, fakta dan bukti dikumpulkan untuk mencari dukungan atau pengujian bagi hipotesis tersebut. …228
f. Generalization. Pada tahap ini, kegiatan, inkuiri sudah sampai pada tahap mengambil kesimpulan pemecahan masalah. …229

Sumber:
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta. Hal. 227-229

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *