Pilihan Alternatif dalam Mendirikan Usaha Baru

AsikBelajar.Com | Dalam mendirikan suatu usaha terdapat beberapa alternatif yang dapat dipilih. Masing-masing pilihan dapat memberikan keuntungan tersendiri. Alternatif yang dapat dijadikan pilihan saat mendirikan suatu usaha baru antara lain:

#Menciptakan produk baru
Saat seseorang menciptakan suatu gagasan produk baru mungkin akan dianggap aneh dan tidak masuk akal oleh sebagian besar orang. Tetapi saat produk baru tersebut mulai diluncurkan barulah orang akan berdecak kagum atas penemuan yang selama ini tidak terbayangkan sama sekali. Misalnya sampai beberapa tahun lalu orang banyak akan mengatakan tidak masuk akal jika ada gagasan mobil yang dapat terbang. Ternyata produk tersebut saat ini telah benar-benar ada dan mulai dipasarkan. …145.

Tidak menutup kemungkinan berikutnya menyusul ditemukannya suatu produk berupa alat yang dapat digunakan manusia untuk berjalan di atas permukaan air atau alas kaki tangan yang dapat digunakan untuk berlari di dinding bangunan. Tidak menjadi masalah jika kita berandai-andai untuk menemukan alat yang dapat menterjemahkan bahasa hewan tertentu. Yang jelas siapa pun orang yang pertama kali menemukan produk yang sangat berguna bagi kehidupan, di mana produk tersebut sebelumnya belum ada, maka akan menjadi orang yang sukses jika secepatnya mengurus hak paten atau hak atas kekayaan intelektual atas penemuannya.

#Mengembangkan teknologi baru
Mengembangkan manfaat suatu produk dengan memakai teknologi yang lebih baik. Misalnya beberapa tahun terakhir PLN mengembangkan kwh meter listrik dengan sistem token atau pulsa. Banyak manfaat dengan mengalihkan penggunaan kwh meter listrik dari mekanik menjadi pulsa antara lain:
a) menghindari tunggakan pembayaran rekening listrik oleh para pelanggan,
b) mengurangi pencurian listrik oleh oknum tertentu,
c) solusi atas ketidakakuratan pencatatan meter oleh tenaga manusia (cater),
d) membiasakan kepada pelanggan untuk menghemat pemakaian listrik,
e) membiasakan pelanggan untuk melakukan pengendalian atas penggunaan listrik.

#Mengembangkan pasar baru
Sebenarnya produk yang dipasarkan bukan merupakan produk baru melainkan produk yang sudah ada saat ini. Tetapi dilakukan terobosan berupa ekspansi pasar. Perusahaan membidik pasar baru yang belum terlayani dengan produk yang sudah ada …146.

tersebut, sehingga lebih banyak digunakan dan memberikan manfaat kepada pelanggan baru. Misalnya jasa penyampaian berita melalui televisi, khusus bagi penyandang cacat tuna rungu. Produk lainnya seperti kitab suci yang ditulis dan diterjemahkan dengan menggunakan huruf brailei.

#Mengembangkan manfaat tambahan
Mengembangkan produk yang sekarang sudah ada dan dikonsumsi masyarakat dengan manfaat tambahan lain yang menyertainya. Misalnya ballpoint yang selama ini digunakan sebagai alat tulis dikembangkan dengan manfaat tambahan lain sehingga dapat berfungsi juga sebagai termometer untuk mengukur suhu. Pesawat televisi yang kita ketahui selama ini dengan pengembangan tertentu dapat berfungsi juga untuk mencegah kedatangan tikus sampai radius tertentu. Dan tentunya akan banyak manfaat tambahan lain dari produk yang selama ini sudah ada dan dikonsumsi masyarakat.

#Melakukan perbedaan produk
Salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah mampu membedakan produk yang dihasilkan dan dijualnya dengan produk pesaing. Perbedaan dapat dilakukan dari sisi kualitas, manfaat, komposisi, kemasan, harga, dan lain-lain. Misalnya jika perusahaan mampu membuat galon air yang ada pegangan dan roda sehingga lebih mudah dibawa. Gagasan ini mungkin akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen yang tidak memiliki kendaraan jika ingin membeli secara langsung. …147.

Sumber:
Suparyanto, R.W. 2012. Kewirausahaan: Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta. Hal.145-147.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *