Perkembangan Otak Anak 2-3 Tahun - AsikBelajar.Com

Perkembangan Otak Anak 2-3 Tahun

AsikBelajar.Com | Dunia emosi adalah kawasan baru yang mempesona bagi anak usia dua tahunan. Tentu saja, sejak lahir anak telah peka terhadap emosi- emosi orang tua dan siapa pun yang setiap harinya sering mengasuh. Hubungan emosional itu seperti halnya seorang dewasa menanggapi rangsangan emosional dari pihak lain. Pengalaman-pengalaman anak dalam behubungan dengan orang tua, para pengasuhnya dan lingkungannya tersebut menciptakan suatu pola emosi umum baginya.

Anak usia dua tahun, pada umumnya telah bisa berjalan dan berbicara walaupun dengan kata-kata yang terbatas. Pada masa ini anak mulai memberikan perhatian kepada aspek kehidupan yang lain. Jika sebelumnya tangan, telinga dan mulutnya begitu antusias untuk selalu berusaha menyentuh, melihat, mendengar, mencicipi, menggoyang, menguncang, melempar bahkan membanting benda apapun yang dapat diraihnya. Semua kesempatan dan pengalaman-pengalaman anak tadi seolah- olah bagaikan banjir data ke dalam otak anak.

Pada saat anak berusia dua tiga tahunan otaknya melakukan sebuah lompatan kognitif yang luar biasa. Anak tidak lagi begitu saja menerima mentah-mentah semua ransagan yang diperolehnya. Anak mulai berfikir tentang semua yang ia perolehnya. Karena itu, anak juga mulai berfikir jika akan bereaksi terhadap rangsangan yang diperolehnya, semua #24

itu tidak hanya berupa benda nyata, tetapi juga benda dalam khayalan atau imajinasi. Semuanya tidak harus ada untuk dapat dilihat dan diraba anak tetapi mereka sudah dapat mengenalnya. Penggunaan citra mental atau simbol tersebut memungkinkan anak untuk berfikir sebelum berbuat, meskipun masih sangat kasar. Anak juga telah mampu mengingat- ingat pengalaman masa lampau dan menyesuaikan perilakunya karena pengalaman itu. Misalnya anak berpengalaman kalau cabe berwarna merah itu kalau digigit terasa pedas dan menyakitkan bagi anak. Karena itu, anak tidak lagi mengulangi untuk menggigit cabe walaupun disuruh menggigit cabe sekalipun.

Setelah kehidupan emosionalnya mangkin berkembang, sejalan dengan kemampuannya mengingat pengalaman-pengalaman masa lalu dan berinteraksi dengan pengalaman orang lain, menjembatani anak melakukan lompatan besar yang ketiga, yaitu kemampuan berbahasa. Ketika berusia satu satu tahun pada umumnya anak sudah dapat meng- ucapkan satu atau dua patah kata. Pada saat anak berusia dua tahun mereka sudah mulai belajar beberapa kata baru setiap hari. Menurut Sampel (2002) sejak anak berusia dua tahun anak telah mampu belajar sekitar enam kata baru setiap harinya. Perkembangan kemampuan berbahasa tersebut merupakan bekal bagi anak untuk memungkinkan membentuk gagasan-gagasan baru, mengungkapkan emosinya seperti ketika marah atau ketika gembira dan memahami konsep seperti kata pedas yang berarti tidak enak atau menyakiti. Dengan kemampuan mengkoordinasikan otak pikiran dan kemampuan berbahasa tersebut anak seolah dapat berpetualang kemana-mana.

Dengan berbekal kemampuan berbahasa yang terbatas, anak usia sekitar dua tahun, akan ditandai dengan begitu banyaknya pertanyaan yang diajukan. Kemampuan motoriknya juga sudah mulai menguat seperti kemampuan membuka dan menutup lemari. Kegiatan seperti membuka dan menutup, terus menerus diulanginya sampai terkadang membuat orang tua merasa kesal ataupun jengkel. Pada hal aktivitas itu sesungguhnya berfungsi untuk memperkuat lintasan-lintasan koneksi neorologinya yang sangat dibutuhkan kelak jika anak telah dewasa. #25Karena itu, tidaklah berlebihan jika otak anak usia dua tahun hingga tiga tahun lebih aktif dibandingkan otak orang dewasa.

Dengan demikian, Kemampuan kognitif anak usia 2 – 3 tahun semakin kompleks. Perkembangan anak usia 2 – 3 tahun ditandai dengan beberapa tahap kemampuan yang dapat dicapai anak, yaitu sebagai berikut :

a) Berpikir simbolik
Yaitu anak usia 2 tahunan memiliki kemampuan untuk menggunakan simbol berupa kata-kata, gambaran mental atau aksi yang mewakili sesuatu. Salah satu bentuk lain dari berpikir simbolik adalah fantasi, sesuatu yang dapat digunakan anak ketika bermain. Mendekati usia ketiga, kemampuan anak semakin kompleks, dimana anak sudah mulai menggunakan obyek subtitusi dari benda sesungguhnya. Misalnya anak menyusun bantal- bantal sehingga menyerupai mobil dan dianggapnya sebagai mobil balap.

b) Mengelompokkan, mengurut dan menghitung
Yaitu anak sudah dapat mengelompokkan mainannya berdasarkan bentuk, misalnya membedakan kelompok mainan mobil-mobilan dengan boneka binatang. Selain mengelompokkan, anak juga mampu menyusun balok sesuai urutan besarnya dan mengetahui perbedaan antara satu dengan beberapa (kemampuan menghitung).

c) Meningkatnya kemampuan mengingat
Yaitu kemampuan mengingat anak akan meningkat pada usia 8 bulan hingga 3 tahun. Sekitar usia 2 tahun, anak dapat mengingat kembali kejadian-kejadian menyenangkan yang terjadi beberapa bulan sebelumnya. Mereka juga dapat memahami dan mengingat dua perintah sederhana yang disampaikan bersama-sama. Memasuki usia 2,5 hingga 3 tahun, anak mampu menyebutkan kembali kata-kata yang terdapat pada satu atau dua lagu pengantar tidur. #26

d) Berkembangnya pemahaman konsep
Yaitu ketika mencapai usia 18 bulan, anak memahami waktu untuk pertama kalinya yaitu pemahaman “sebelum” dan “sesudah”. Selanjutnya pemahaman “hari ini”. Pada usia 2,5 tahun, anak mulai memahami pengertian “besok”, disusul dengan “kemarin” dan pengertian hari-hari selama seminggu di usia 3 tahun.

e) Puncak perkembangan bicara dan bahasa
Yaitu pada usia sekitar 36 bulan, perbendaharaan kata anak dapat mencapai 1000 kata dengan 80% kata-kata tersebut dapat dipahaminya. Pada usia ini biasanya anak mulai banyak berbicara mengenai orang- orang di sekelilingnya, terutama ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya. #26

Sumber:
Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. Hal. 24 – 26.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress