Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Kelompok Bermain (Usia 3 – 4 tahun)

By | 09/11/2020

AsikBelajar.Com | Pada usia 3 tahun, anak seharusnya memiliki kosa kata aktif sebanyak 300 kata atau lebih. Anak dapat berbicara dalam kalimat yang berisi 5 atau 6 kata dan meniru suara percakapan sebagian besar orang dewasa. Pada usia 3 tahun ini, anak akan nampak berbicara secara terus menerus. Hal ini merupakan suatu fenomena yang kadang-kadang dapat mengganggu kita, tetapi sangat penting baginya untuk belajar kata-kata baru dan mendapatkan pengalaman dalam menggunakan kata serta memikirkannya. Anak dapat mengekspresikan fikirannya melalui bahasa. Semakin terampil anak mengucapkan dan memahami kata-kata, maka semakin banyak alat baginya untuk berfikir, berkreasi, dan mengatakan kepada kita tentang sesuatu yang diketahui dan difikirkannya.

Pada usia ini, percakapan anak seharusnya cukup jelas sehingga orang lain pun dapat memahami sebagian besar pesan yang disampaikannya. Namun dalam hal-hal tertentu, anak-anak mungkin masih salah mengucap separuh dari perkataan yang diucapkannya, contoh, anak maungkin menggunakan t untuk s (“tutu”, “tudah), untuk r (“lali”, “lusak”). #6.7.

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal.6.7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *