Perbedaan Individual dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

By | 30/03/2021

AsikBelajar.Com | Secara heriditas individu telah memiliki potensi-potensi yang dapat menyebabkan perbedaan dalam perkembangan berfikir mereka. Potensi tersebut berkembang atau tidak sangat tergantung pada lingkungan.

Ini berarti, apakah anak akan memiliki kemampuan berfikir normal di atas normal atau di bawah normal tergantung pada lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga tempat anak tinggal dan dibesarkan. Manusia berbeda satu sama lain dalam berbagai aspeknya. seperti bakat, minat, kepribadian, keadaan jasmani, keadaan sosial termasuk juga intelegensinya (Asrori, 2003:45).

Perbedaan-perbedaan tersebut akan terlihat jika diamati dalam proses belajar di dalam kelas, yaitu ada peserta didik yang cepat di dalam proses menalar atau memahami sesuatu, dan ada pula sebagian diantara mereka yang lambat di dalam proses berfikir.

Demikian juga dalam bentuk perilaku yaitu ada anak yang tingkah lakunya baik dan ada pula anak yang berperilaku kurang baik.

Perbedaan individual dalam perkembangan intelegtual menunjuk kepada perbedaan dalam kemampuan dan kecepatan belajar, dimana hal ini akan tercermin dalam sifat-sifat atau ciri-ciri mereka baik dalam kemampuan, keterampilan maupun sikap dan kebiasaan belajar, kualitas proses dan hasil belajar dalam ranah kognitif. #48

sumer:
Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. Hal. 48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *