Perbedaan Individual Anak Dalam Cara Dan Kecepatan Pada Belajar Seni - AsikBelajar.Com

Perbedaan Individual Anak Dalam Cara Dan Kecepatan Pada Belajar Seni

AsikBelajar.Com | Pada seni sebagai area belajar terdapat perbedaan individual yang luas dalam cara dan kecepatan belajar. Seorang anak mungkin akan menggambar sebuah gambar dengan hati-hati dan pelan-pelan. Satu gambar cukup baginya. Caranya pelan dan metodis. Anak lainnya mungkin menggambar sebuah gambar seri, dalam rangkaian yang cepat. Beberapa anak lain bergerak melalui tahapan menggambar yang cepat. Anak lainnya lagi mencoret-coret dengan waktu yang lama, terlihat menikmati perubahan kertasnya. Ada pula anak-anak yang menjadi asyik dalam menggunakan warna atau tekstur dan mungkin mengeksplor variabel ini untuk beberapa tahun. Setiap anak mempunyai cara bekerja dan kecepatan mereka sendiri dalam berkembang. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui pendidik mengenal perbedaan individual dalam belajar seni, yaitu sebagai berikut.

1. Anak-anak Mempunyai Pilihan terhadap Media Seni dan Peralatan
Tidak ada satu aktivitas seni yang memuaskan untuk semua anak. Seorang anak mungkin lebih suka menggunakan pensil untuk menggambar garis yang rumit yang kelihatannya direncanakan untuk setiap coretan. Dia mungkin lebih suka menggambar di selembar kertas kecil. Anak lainnya mungkin lebih suka dengan gambar dan kuas yang lebar dan menggunakan selembar kertas yang lebar, mengisinya dengan cepat dan menggunakan warna pilihannya untuk mewarnai kertas tersebut. Anak lainnya lagi mungkin menemukan bahwa tanah liat dapat digunakannya untuk mengekspresikan ide-ide dan perasaannya yang terbaik. Dia menikmati perasaannya saat #7.9

menyentuh tanah liat itu yang sangat potensial bagi gambaran tiga dimensi dan tanah liat itu berguna baginya sebagai wujud ekspresi.

Anak-anak kecil membutuhkan peralatan menggambar yang cukup mudah dipegang untuk menggambar secara spontan. Krayon termasuk media yang tidak disarankan untuk anak kecil karena tidak mudah menempel pada kertas sehingga anak harus memegang dan menekannya dengan keras Krayon juga tidak memuaskan untuk menggambar garis dan warnanya kurang jelas. Oleh karenanya, jauhkan anak-anak kecil dari krayon yang tergeletak. Berikan mereka pensil yang lembut, pensil pastel, pena tinta warna dan pastel yang mudah dicoretkan ke kertas. Pena atau pensil biasanya dipilih oleh anak-anak yang tertarik pada garis. Berikan pilihan peralatan gambar pada anak-anak. Setiap anak akan memilihnya secara khusus sesuai dengan kebutuhannya untuk mengekspresikan diri.

2. Anak-anak Menikmati Menggambar pada Permukaan yang Rata atau Pada Tiang Penyangga
Menggambar pada permukaan yang rata, seperti di lantai atau di meja dan menggambar pada tiang penyangga merupakan pengalaman yang sangat berbeda. Anak-anak mempunyai kesempatan untuk mencoba menggambar pada dua posisi itu dan kemudian akan mampu memilih salah satunya untuk tujuan terbaik mereka. Seorang anak menikmati menggambar dan menemukan bahwa dia dapat mengontrol coretannya dengan lebih baik pada permukaan yang rata. Oleh karena itu, ia lebih suka posisi itu pada saat tertentu. #7.10.

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 7.9 – 7.10.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress