Peran Bidang Desain Pembelajaran - AsikBelajar.Com

Peran Bidang Desain Pembelajaran

AsikBelajar.Com | Ketika praktisi menerapkan prinsip-prinsip desain pembelajaran untuk merencanakan pembelajarannya, mereka akan menerjemahkan dan mengembangkan hal-hal yang berhubungan dengan teori-teori belajar dan pembelajaran, mereka akan mengimplementasikan atau berinovasi dalam bidang metode pembelajaran, atau mereka mendesain dan mengembangkan berbagai multimedia pembelajaran. Alur dan prosedur praktisi dalam melakukan itu menjadi ruh dalam proses pelaksanaan penelitian berbasis desain kependidikan.

Desain pembelajaran merupakan bidang ilmu yang memfokuskan kajian pada proses yang sistematis untuk mengembangkan pembelajaran agar diperoleh hasil dan performa belajar yang diinginkan. Makna pembelajaran merupakan kajian yang berhubungan dengan menciptakan proses, sumber belajar, lingkungan belajar atau program-program belajar agar siswa dapat membelajarkan dirinya. Dengan demikian agar apa yang dirancang oleh praktisi dapat membelajarkan siswa, maka pemahaman tentang teori-teori bagaimana seorang peserta didik belajar menjadi alur yang harus dipahami dalam mendesain solusi yang ditawarkan. Alur belajar yang benar dapat mengonstruksi atribut dari suatu proses belajar. Di samping itu, belajar merupakan proses dinamis yang kompleks, dan menjadi substansi input penting dalam mengembangkan lingkungan belajar yang natural dan sesuai dengan cara peserta didik belajar.

Desain pembelajaran sebagai bidang yang sudah mapan, memiliki kajian literatur yang kaya, baik yang bersifat mono-science, maupun multiscience. Kajian literatur yang dimaksud seperti unsur-unsur dari teori-teori belajar (proses belajar yang menyebabkan kita berharap adanya perubahan yang lebih baik), teori-teori desain pembelajaran (kondisi eksternal yang dapat membuat proses-proses tersebut terjadi), dan proses pengembangan pembelajaran (agar efisien, efektif, dan dipercaya untuk menciptakan kondisi eksternal tersebut). Literatur desain pembelajaran mengandung berbagai model, sering kali mempergunakan diagram alir, yang menggambarkan tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menciptakan pembelajaran atau sumber belajar. Selanjutnya teori-teori desain pembelajaran mampu menjelaskan bagaimana dan mengapa proses-proses tersebut harus dilakukan. Desain pembelajaran telah menjadi petunjuk yang sistematis, ilmiah dan dipercaya untuk mengembangkan pembelajaran. #35

Desain pembelajaran dalam implementasinya dapat dibedakan dengan baik peran istilah desain dan pembelajaran. Desain merupakan aktivitas yang fokus pada proses mendesain pembelajaran yang didasarkan pada pengalaman dan keterampilan yang kaya dengan kearifan, dan pembelajaran berfokus pada bentuk luaran dari desain pembelajaran yang didasarkan pada aktivitas berorientasi riset. Sebagai sebuah proses desain pembelajaran dilakukan dengan terencana, fleksibel, pendekatan literatif, mempertimbangkan konteks dengan selalu mempertimbangkan kompleksitas yang ada agar diperoleh luaran yang diinginkan. Sebagai sebuah luaran desain pembelajaran memiliki produk yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Desain pembelajaran telah berkembang dengan konsepnya sendiri dan melakukan pengkajian (riset) tentang desain dan pengembangan pembelajaran. Richey dan Klein (2007) telah mengategorikan dua jenis penelitian desain dan pengembangan pembelajaran. Pertama penelitian yang berfokus pada desain dan pengembangan produk dan tools pembelajaran, kedua berfokus pada desain dan pengembangan models. Jenis pertama sesuai dengan kegiatan desain pembelajaran yang berbentuk luaran, dan jenis kedua sesuai dengan kegiatan desain pembelajaran yang berbentuk proses. Pada penelitian berbasis desain ini, para peneliti dan timnya memahami permasalahan dengan segala penyebabnya, lalu menggunakan teori-teori, adanya kearifan praksis, contoh yang inspiratif, dan dilakukan evaluasi formatif untuk mengarahkan bagaimana mengembangkan solusi. Desain pembelajaran menekankan pada sudut pandang luaran yang dapat menyediakan landasan yang solid untuk mendesain berbagai jenis intervensi pembelajaran yang baru. Di samping itu, desain pembelajaran jug menekankan kepada proses pemecahan masalah secara sistematis telah menjadi bagian yang dapat diadopsi dalam konteks mengonstruksi prosedur penelitian desain kependidikan (McKenney dan Reeves, 2012). #36.

Sumber:
Rusdi, M. 2020. Penelitian Perlakuan Pendidikan (Educational Treatment-Based Research). Depok: PT RajaGrafindo Persada. Hal.35-36.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress