Kajian Ilmiah Penyembuhan Penyakit Ala Ustadz Danu

AsikBelajar.Com | Sejak penampilan Ustdz Danu di MNCTV, sebenarnya sudah lama ingin mencari artikel ilmiah yang mengupas tentang pengobatan yang dilakukan oleh Ustadz Danu (Dhanu) yang menjadi perhatian banyak orang dan banyak diantara pasien merasa “pas” dan cocok dengan apa yang berhubungan dengan diungkapkan sang Ustadz.

Adapun judul penelitian tersebut adalah PENGOBATAN DENGAN PSIKOTERAPI MENURUT USTAD DANU, sang peneliti bernama Ening Herniti salah seorang Dosen jurusan bahasa dan sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian tersebut dapat dilihat pada Jurnal Dakwah Vol. XI No. 1 Tahun 2011. Hasil penelitian ini dapat didownload pada link di bawah artikel ini 👇.

Berdasarkan hasil resume penelitian tersebut adalah:
Menurut penelitian terkini dari negara-negara maju ditemukan bahwa penyakit-penyakit fisik yang ada sekarang ini 53% penyebabnya adalah berasal dari faktor psikis atau kejiwaan yang berawal dari pola berpikir dan bertindak sehari-hari. Bisa berawal dari tekanan atau banyaknya pekerjaan di kantor, problematika rumah tangga, lingkungan, dan sebagainya. Tekanan psikis tersebut akan memacu kerja otak dan emosional seseorang secara berlebihan dan akhirnya muncul berbagai penyakit yang menderanya. Faktor-faktor lain adalah 18% dari faktor keturunan, 19% faktor lingkungan, dan 10% pelayanan kesehatan. Psikoterapi sebagai metode penyembuhan berbagai penyakit yang dilakukan Ustadz Danu disebut psikoterapi akhlak mulia. Penamaan psikoterapi akhlak mulia karena penyakit muncul akibat seseorang sering mengumbar hawa nafsu sehingga Allah menurunkan azab atau peringatan agar manusia kembali ke jalan yang benar yaitu Alquran dan Sunah Rasul. Penyakit yang menimpa seseorang sebagai azab atas segala dosa-dosa yang telah diperbuatnya sebagimana disebutkan dalam sebuah hadis “Tiada seorang hamba ditimpa musibah baik di atasnya maupun di bawahnya melainkan sebagai akibat dosanya”. Walaupun demikian, Allah SWT akan mencabut azabnya jika manusia itu bertobat sebagaimana firman Allah SWT surat Asy-Syuura ayat 30 “Apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu”.

Dapat disimpulakan dari Abstract penelitian tersebut adalah:
Penyebab penyakit fisik yang ada sekarang ini 53% berasal dari faktor psikis atau kejiwaan yang berawal dari pola berpikir dan bertindak sehari-hari. Menurut Ustad Danu, pada prinsipnya semua penyakit muncul akibat seseorang sering mengumbar hawa nafsu sehingga Allah menurunkan azab atau peringatan agar manusia kembali ke jalan yang benar yaitu Alquran dan Sunah Rasul. Salah satu penyembuhan penyakit disebut dengan psikoterapi, yakni sebuah metode penyembuhan dengan menggunakan pendekatan psikologis atau dengan perbaikan akhlak. Sugesti juga memiliki peran dan manfaat di dalam penyembuhan suatu penyakit. Secara teori, sugesti yang dibangkitkan pada diri seseorang, mampu untuk merangsang hormon-hormon yang ada pada tubuh, mengeluarkan sel-sel untuk melawan penyakit (antibody).

Selengkapnya laporan penelitian: di Link Download: Klik Disini

Keyword terkait:
Ustad Dhanu, Ustadz Danu siraman qolbu, Ustadz Danu mnctv

3 thoughts on “Kajian Ilmiah Penyembuhan Penyakit Ala Ustadz Danu

  1. donate

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.health.siramanqalbuustaddhanu

    Link di atas adalah link aplikasi “Siraman Qalbu Ustad Dhanu” berbasis Android, jadi tinggal klik dan install saja di perangkat HP Android Anda dan rasakan manfaat informasi dari aplikasi ini.

    Fitur-fitur dari aplikasi “Siraman Qalbu Ustad Dhanu” yaitu:
    – Gratis (Tidak Perlu Membeli)
    – Tidak Harus Online (Tidak Menggunakan Paket Data) Dan Bisa Digunakan Kapanpun Dan Dimanapun
    – Terdapat 922 Jenis Penyakit Dan Penyebabnya Menurut Ustad Dhanu
    – Pembahasan Tentang Penyakit Dan Penyebabnya Menurut Ustad Dhanu
    – Artikel Tentang 8 Jalan Rezeki Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an
    – Pembahasan Tentang Kesehatan Di Dalam Al-Qur’an Dan Hadits
    – Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits
    – Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Menyebutkan Tentang Rezeki

    Apabila aplikasi ini menurut Anda bermanfaat untuk Anda dan orang lain, silakan SHARED informasi ini ke grup, sanak saudara, teman, dan orang lain agar mereka dapat merasakan manfaat dari aplikasi “Siraman Qalbu Ustad Dhanu” ini.

    Reply
  2. Nur aisah

    Pingin memperbaiki akhlak

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...