Dasar, Visi, Misi, Fungsi, Tujuan, Strategi Pendidikan nasional, & Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan - AsikBelajar.Com

Dasar, Visi, Misi, Fungsi, Tujuan, Strategi Pendidikan nasional, & Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan

AsikBelajar.Com | Dalam artikel ini yang akan dibahas mengenai tentang Dasar, Visi, Misi, Fungsi, Tujuan, Strategi Pendidikan nasional, dan Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan dengan uraian sbb:

1) Dasar Pendidikan Nasional
Menurut Pasal 2 Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003: “Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”.

2) Visi dan Misi Pendidikan Nasional
Menurut Penjelasan atas UU RI No. 20 Tahun 2003, visi Pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Dengan visi pendidikan tersebut, pendidikan nasional mempunyai misi, yaitu:

(a) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia; (b) membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; (c) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral; (d) meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan , pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global; dan (e) memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3) Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional
Menurut pasal 3 UU RI No. 20 Tahun 2003: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”. Tujuan pendidikan nasional adalah untuk “berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

4) Strategi Pembangunan Pendidikan Nasional
Menurut Penjelasan atas UU RI No. 2 Tahun 2003, pembaharuan sistem pendidikan memerlukan strategi tertentu. Adapun strategi pembangunan pendidikan nasional meliputi: #130

a) Pelaksanaan pendidikan agama serta akhlak mulia;
b) pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi;
c) proses pembelajaran yang mendidik dan dialogis;
d) evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi pendidikan yang memberdayakan;
e) peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan; f) penyediaan sarana belajar yang mendidik;
g) pembiayaan pendidikan yang sesuai dengan prinsip pemerataan dan berkeadilan;
h) penyelenggaraan pendidikan yang terbuka dan merata;
i) pelaksanaan wajib belajar;
j) pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan;
k) pemberdayaan peran masyarakat;
l) pusat pembudayaan dan pembangunan masyarakat; dan
m) pelaksanaan pengawasan dalam sistem pendidikan nasional.

5) Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan
Menurut Pasal UU RI No. 20 Tahun 2003, dalam konteks sistem pendidikan nasional, ditegaskan agar penyelenggaraan pendidikan didasarkan kepada prinsip-prinsip sebagai berikut:
a) Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.
b) Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multi makna.
c) Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
d) Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kamauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.
e) Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.
f) Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. #131

Sumber:
Husamah dkk. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhamadiyah. Hal. 130 – 131.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress