Pengertian Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Pakar

By | January 20, 2023

AsukBelajar.Com | Menurut ahli perkembangan Paul Baltes ( Santrock, 2012:7) perspektif masa hidup (life-span perspective) memandang bahwa perkembangan manusia berlangsung seumur hidup, multi dimensi, multi arah, plastis, multi disiplin.

Menurut Werner dalam monks ( Monks, et al,  2006:1)  pengertian perkembangan menunjuk pada suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat di ulang kembali. Perkembangan menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali.

Berkaitan dengan Perkembangan Anak Usia Dini, berikut ini akan dikemukakan beberapa definisi perkembangan. Menurut beberapa ahli seperi Lerner dalam Soegeng Santoso (Santoso, 2000: 23) tentang perkembangan sebagai berikut:

Perkembangan anak berlangsung sejak terjadi konsepsi (masih dalam kandungan) sampai akhir hayat. Pandangan ini #11

diperoleh oleh Lerner and Hultsch dalam Fauzia Aswin Hadis yang dikatakan bahwa perkembangan manusia sesungguhnya berlangsung sepanjang kehidupan, mulai dari saat konsepsi sampai dengan saat kematian. Perkembangan manusia itu perubahan yang berkesinambungan, yang terjadi secara berangsur-angsur tetapi dapat pula terjadi secara tiba-tiba dan yang menyebabkan suatu kesinambungan, dan perubahan yang terjadi dapat bersifat kuantitatif dan kualitatif. #12

Sumber:
Sofyan, H. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. INFOMEDIKA.  Hal. 11-12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *