Pengertian Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan - AsikBelajar.Com

Pengertian Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

AsikBelajar.Com | Suatu kegiatan administrasi/manajemen/pengelolaan yang baik dan tidak gegabah tentu diawali dengan suatu  perencanaan yang matang dan baik dilaksanakan demi menghindari terjadinya kesalahan dan kegagalan yang tidak diinginkan.
Sarana dan prasarana pendidikan
Sarana dan prasarana pendidikan
Administrasi sarana sering juga disebut sebagai administrasi materil, atau administrasi peralatan yaitu segenap proses penataan yang bersangkut paut dengan pengadaan, pendayagunaan dan pengelolaan  sarana pendidikan agar tercapai tujuan yang dietapkan secara efektif dan efisien (Arikunto, 1990:81).
Manajemen sarana dan prasarana  pendidikan adalah seluruh proses kegiatan yang telah direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh- sungguh serta pembinaan secara kontinu terhadap benda-benda pendidikan, agar senantiasa siap pakai dalam proses belajar mengajar.  Manajemen ini dilaksanakan demi tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien (Mulyono, 2008:184).
Menurut Atmodiwirio (2005: 252), bahwasanya manajemen perlengkapan atau manajemen logistik merupakan upaya untuk mengelola sarana dan prasarana sedemikian rupa sehingga organisasi dapat melakukan tugasnya mencapai tujuan sesuai yang direncanakan.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwa administrasi sarana dan prasarana adalah suatu usaha yang di arahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kelengkapan sarana yang ada.  Dengan demikian administrasi sarana dan prasarana itu merupakan usaha untuk mengupaya sarana dan alat peraga yang dibutuhkan pada proses pembelajaran demi lancarnya dan tercapainya tujuan pendidikan.  Atau dengan kata lain bahwa administrasi sarana dan prasarana pendi-dikan adalah suatu usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kelengkapan sarana yang ada. Sedangkan yang menjadi tujuan dari administrasi sarana dan prasarana ini adalah agar tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress