Pengertian Metode Penelitian Kombinasi Menurut Sugiyono

AsikBelajar.Com | Johnson dan Cristensen (2007) memberikan definisi tentang metode penelitian kombinasi (mixed research) sebagai berikut. “Research that involve the mixing of quantitative and qualitative approach”. Penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya Creswell (2009) memberikan defmisi tentang mixed methods research adalah: “is an approach to inquiry that combines or associated both qualitative quantitativeforms of research. It involves philosophical assumptions the use of quantitative and qualitative approaches, and the mixing of both approached in a study” Metode penelitian kombinasi merupakan pendekatan dalam penelitian yang mengkombinasikan atau menghubungkan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Hal itu mencakup landasan filosofis, penggunaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan mengombinasikan kedua pendekatan dalam penelitian.

Creswell (2009) menyatakan bahwa, metode ini sering disebut sebagai metode multimethods (menggunakan multi metode), convergence (dua metode bermuara ke satu), integrated (integrasi dua metode), and combine (kombinasi dua metode). Selanjutnya Johnson dan Cristensen (2007) menyatakan bahwa “mixed research also is commonly call mixed methods research, bu we use the simple term mixed research”. Penelitian campuran, biasa dinamakan metode penelitian campuran, untuk lebih sederhana dinamakan penelitian campuran atau penelitian kombinasi.

Dalam buku ini penggabungan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif yang digunakan dalam suatu kegiatan penelitian dinamakan Metode Penelitian Kombinasi, yang selanjutnya disingkat Metkom.

Metode penelitian kombinasi adalah suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan obyektif.

Data yang komprehensif adalah data yang lengkap yang merupakan kombinasi antara data kuantitatif dan kualitatif. Data yang valid adalah data yang memiliki derajat ketepatan yang tinggi antara data yang sesungguhnya terjadi dengan data yang dapat dilaporkan oleh peneliti. Melalui kombinasi dua metode, maka data yang diperoleh. …404

dari penelitian akan lebih valid, karena data yang kebenarannya tidak dapat divalidasi dengan metode kuantitatif akan divalidasi dengan metode kualitatif atau sebaliknya. Data yang reliabel adalah data yang konsisten dari waktu ke waktu, dan dari orang ke orang. Dengan menggunakan metode kombinasi maka reliabilitas data akan dapat ditingkatkan, karena reliabilitas data yang tidak dapat diuji dengan metode kuantitatif dapat diuji dengan metode kualitatif atau sebaliknya. Data yang obyektif lawannya data yang subyektif. Jadi data yang obyektif apabila data tersebut disepakati oleh banyak orang. Dengan menggunakan metode kombinasi, maka data yang diperoleh dengan metode kualitatif yang bersifat subyektif dapat ditingkatkan obyektivitasnya pada sampel yang lebih luas dengan metode kuantitatif. …405

Sumber:
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal.404-405.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *