Pengertian dan Fungsi Lingkungan Pendidikan - AsikBelajar.Com

Pengertian dan Fungsi Lingkungan Pendidikan

AsikBelajar.Com | Lingkungan pendidikan yaitu segala kondisi dan pengaruh dari luar terhadap kegiatan pendidikan. Manusia memiliki sejumlah kemampuan yang dapat dikembangkan melalui pengalaman. Pengalaman itu terjadi karena interaksi manusia dengan lingkunganya, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial manusia secara efisien dan efektif itulah yang disebut pendidikan.

Dan latar tempat berlangsungnya pendidikan itu disebut lingkungan pendidikan, khususnya pada tiga lingkungan utama pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. Meskipun lingkungan tidak bertanggungjawab atas kedewasaan anak didik, namun merupakan faktor yang sangat menentukan yaitu pengaruhnya sangat besar bagi peserta didik, sebab bagaimanapun anak tinggal dalam suatu lingkungan pasti akan mempengaruhi anak tersebut.

Secara umum fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya (fisik, sosial, budaya), utamanya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia, agar dapat dicapai tujuan pendidikan yang optimal. Penataan lingkungan pendidikan itu terutama dimaksudkan agar proses pendidikan dapat berkembang efisien dan efektif.

Seperti diketahui, proses pertumbuhan dan perkembangan manusia sebagai akibat interaksi dengan lingkungan akan berlangsung secara alamiah dengan konsekuensi bahwa tumbuh kembang itu mungkin berlangsung lambat dan menyimpang dari tujuan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan dilakukan melalui tiga kegiatan: membimbing, terutama berkaitan dengan pemantapan jati diri dan pribadi dari segi-segi periaku umum (aspek kebudayaan), mengajar, terutama berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan, melatih, terutama berkaitan dengan keterampilan, dan kemahiran (aspek teknologi). #54

Sumber:
Husamah dkk. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhamadiyah.Hal. 54

Related Posts

AsikBelajar.Com

Blogger biasa yang berdomisili di Banjarmasin dan berharap blog ini bermanfaat buat pelajar, mahasiswa & masyarakat umum

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 AsikBelajar.Com - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress