Pengertian Anak Usia Dini

AsikBelajar.Com | Anak, dalam beragam usia dengan berbagai perilakunya biasanya menarik ” perhatian orang dewasa. Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan canda tawa dan kegembiraan sehingga orang dewasa akan ikut terhibur dengan hanya melihat tingkah polah mereka. Pada kehidupan sehari-hari, berbagai tingkat usia anak dapat kita amati. Ada bayi, batita, balita anak usia TK, sampai anak usia sekolah dasar. Semua kategori umur anak tersebut dikelompokkan sebagai fase anak usia dini. Apa yang dimaksud dengan anak usia dini? Siapa saja yang termasuk kategori ini? Apa saja karakteristik anak usia dini yang membedakannya dengan kelompok usia lainnya? Kegiatan Belajar ini akan membahas hal-hal yangmenjadi pertanyaan tersebut, dengan harapan setelah Anda mempelajarinya Anda akan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang salah satu fase dalam kehidupan anak, yaitu fase anak usia dini.

PENGERTIAN ANAK USIA DINI

Siapa yang disebut anak usia dini?

Ada beragam pendapat tentang hal ini. Batasan tentang anak usia dini antara lain disampaikan oleh NAEYC (National Association for The Education of Young Children), yang mengatakan bahwa anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun, yang tercakup dalam program pendidikan di taman penitipan anak. penitipan anak pada keluarga (family child care home). pendidikan prasekolah baik swasta maupun negeri, TK. dan SD (NAEYC, 1992). Sedangkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 ayat 14 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam ahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Depdiknas, 2003). Sementara itu. UNESCO dengan persetujuan negara-negara …1.3.

anggotanya membagi jenjang pendidikan menjadi 7 jenjang yang disebut [Memational Standard Classification of Education (ISDEC). Pada jenjang yang ditetapkan UNESCO tersebut, pendidikan anak usia dini temasuk pada level 0 atau jenjang prasekolah, yaitu untuk anak usia 3-5 tahun. Dalam implementasinya di beberapa negara, pendidikan usia dini menurut UNESCO ini tidak selalu dilaksanakan sama, seperti jenjang usianya. Di beberapa negara ditemukan ada yang memulai pendidikan prasekolah ini lebih awal, yaitu pada usia 2 tahun, dan beberapa negara lain mengakhirinya pada usia 6 tahun. Bahkan beberapa negara lainnya lagi memasukkan pendidikan dasar dalam jenjang pendidikan anak usia dini (Siskandar, 2003).

Pada Buku Materi Pokok ini, fokus pembahasan kita adalah anak usia dini yang berada pada rentang usia di bawah 4 tahun saja. …1.4.

Sumber:
Aisyah, Siti. 2008. Materi Pokok Perkembangan dan Konsep dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Hal.1.3-1.4.

Keywor terkait: paud dikmas, paud terbaik di banjarmasin, paud permata hati, paud adalah pendidikan informal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...