Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

By | 11/07/2020

AsikBelajar.Com | Hasil dari data yang mengambarkan Negara Indonesia masih ketinggalan dalam hal pendidikan dengan Negara lainnya bila di tinjau dari data TIMSS dan PISA.

TIMSS kepanjangan dari Trends in International Mathematics and Science Study adalah studi internasional tentang kecenderungan atau arah perkembangan matematika dan sains. Sedangkan PISA merupakan singkatan dari Survei Program for International Student Assessment adalah survei yang kerap jadi rujukan untuk melihat kualitas pendidikan di dunia. Survei ini diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tiap tiga tahun sekali.

Baca juga: Peringkat Pendidikan Indonesia Versi OECD, Bagaimana Sebaiknya?[klik]

Sedangkan bila berpegang pada UU Republik Indonesia No 20 tahun 2003 pada Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Amanat yang erkandung dari pasal 3 tersebut dapat kita rangkum ada 2 (dua) maksud yang terkandung dalam kalimat tersebut, yakni 1) Fungsi dan 2) Tujuan Pendidikan Nasional.
Sebagai yang melatar belakangi Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi . Untuk memahami Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, ikutilah video di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *