Metode Observasi pada Metode Riset Psikologi Belajar

AsikBelajar.Com | Metode observasi adalah metode untuk mempelajari gejala kejiwaan melalu: pengamatan dengan sengaja, teliti, dan sistematis. Sejauh yang dapat dilakukan, observasi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu metode introspeksi dan metode ekstrospeksi.

Psikologi belajar

a. Metode Introspeksi

Metode intropeksi adalah metode untuk mempelajari gejala-gejala kejiwaan dengan jalan meninjau gejala-gejala jiwa sendiri secara sengaja, teliti, dan sistematis.

Dalam melakukan introspeksi (intro = ke dalam; :pectare = mellhat) tak mungkin memberi hasil yang baik, karena tak ada orang yang dapat mempelajari peristiwa-peristiwa jiwanya sendin secara ….5

objektif. Misalnya, seseorang yang sedang marah, tak mungkin ia dengan tenang dan objektif menyelidiki jiwanya. Jika ia menyelidikinya, maka hilanglah kemarahan tersebut dari dirinya.

Keberatan-keberatan terhadap metode introspeksi adalah bahwa introspeksi yang diselidiki hanya bagian-bagian yang disadari saja, sedang bagian-bagian yang tidak disadari tidak ikut diselidiki. Juga hal-hal yang dapat merendahkan diri sendiri terkadang disembunyikan, karena malu dan sebagainya.

b. Metode Ekstrospeksi

Metode ekstrospeksi adalah metode untuk mempelajari gejala-gejala kejiwaan dengan jalan mempelajari peristiwa-peristiwa jiwa orang lain dengan teliti dan srstematis. Atau metode yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis oleh satu atau lebih dari seorang.

Dengan sengaja artinya pengamatan itu dilakukan dengan sadar dan dengan tujuan yang jelas. Sedangkan dengan sistematis artinya pengamatan itu dilakukan secara terencana dan dengan caracara tertentu yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan kata lain, praktek pengamatan serupa ini kondisi-kondisinya dikendalikan secara cermat dan hati-hati oleh satu atau lebih dari seorang. Itulah sebabnya pengamatan ini dikenal dengan pengamatan yang objektif (objective observation).

Melalui penerapan metode ini laporan-laporan yang ditulis akan dapat menghasilkan informal yang objektif. lebih-lebih yang dilakukan oleh orang yang terlatih, yang terampil, dan yang berpengalaman. Studi observasi telah banyak dilakukan terhadap hubungan sosial yang diperlihatkan oleh anak-anak pada taman kanak-kanak dan dalam situasi permainan bebas. Penggunaan metode ini antara lain dapat dimanfaatkan untuk membantu mendiagnosis kesulitan belajar anak di sekolah. … 6

Sumber:
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.5-6.

Keyword terkait:
psikologi belajar adalah, psikologi belajar pdf, psikologi belajar anak usia dini, psikologi belajar pai, psikologi belajar mengajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *