Metode Eksperimen (Experimental Method) pada Metode Riset Psikologi Belajar

AsikBelajar.Com | Ada beberapa metode riset yang sudah lazim digunakan dalam psikologi, salah satunya adalah Metode Eksperimen (Experimental Method).

Maksud dilakukannya eksperimen dalam psikologi adalah untuk ”mengetes“ keyakinan atau pendapat tentang tingkah laku manusia dalam situasi atau kondisi tertentu. Dengan kata lain, eksperimen dilakukan dengan anggapan bahwa semua situasi atau kondisi dapat dikontrol dengan teliti, yang keadaannya berbeda dari observasi yang terkontrol. Melalui usaha eksperimen demi eksperimen, kemudian kebenaran-kebenaran psikologis yang semula didasarkan atas terkaan, pemikiran dan perenungan, kini didasarkan atas percobaan-percobaan (eksperimen).

Untuk mendukung pelaksanaan eksperimen, paling tidak menggunakan dua kelompok yang diperbandingkan. Kelompok per …4

tama sebagai kelompok “kontrol,” dan kelompok kedua sebagai kelompok “ekspenmen”. Fungsi kelompok kontrol adalah untuk mengecek pengaruh dan faktor eksperimen atau variabel independen, dan kelompok kontrol tersebut sedapat mungkin diusahakan sama dengan kelompok eksperimen.

Lewat penerapan metode eksprimen banyak aspek belajar dapat diteliti dengan baik, yang hasilnya dapat disumbangkan bagi kelancaran proses interaksi edukatif di kelas. Aspek-aspek dimaksud antara lain keefektifan komparatif dari metode-metode mengajar yang berbeda (sepert: metode diskusi versus metode ceramah) untuk mempelajari infomasi faktual, pengaruh praktek bagian versus praktek keseluruhan terhadap belajar keterampilan, kelas yang optimal, sampai seberapa jauh transfer belajar itu terjadi, penyusunan kurikulum untuk memenuhl kebutuhan-kebutuhan individu dan sosial, asas kesiapan dalam melakukan suatu tugas belajar, pengaruh overlearning terhadap ingatan, dan lain sebagainya.

Studi eksperimen, selain dilakukan di lapangan, yaitu dalam suasana kelas, juga dilakukan di laboratorium untuk individu atau sekelompok individu dan hewan. …5

Sumber:
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.4-5.

Keyword terkait:
psikologi belajar adalah, psikologi belajar pdf, psikologi belajar anak usia dini, psikologi belajar pai, psikologi belajar mengajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...