Mengenal Sambiloto Sebagai Obat Penyakit

By | 12/12/2019

AsikBelajar.Com | Menurut Mahendra (2005:106) Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan Jawa. Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama daerah untuk sambiloto antara lain: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Sambiloto

Sambiloto Sebagai Obat Penyakit

Menurut Lulu (1977:83-85) tumbuhan Sambiloto mempunyai kegunaan sebagai obat penyakit kulit, obat penyakit malaria, dan obat panas demam.

Kegunaan Sambiloto
Daun sambiloto dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit, misalnya penyakit kulit, malaria, dan panas demam.

A. Obat Penyakit Kulit
Penderita penyakit kulit umumnya menampakkan gejalagejala sebagai berikut:
a. borok dan bisul timbul silih berganti,
b. badan terasa panas,
c. kulit terasa kebal terhadap rasa Sakit.

=Cara pengobatan
Ambil 7 lembar daun sambiloto, bersihkan dan tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan pada kulit yang terasa gatal-gatal .

=Pencegahan timbulnya penyakit
Kebersihan badan harus selalu dijaga. Mandi dua kali dalam sehari, dengan menggunakan sabun untuk membasmi kuman yang menempel pada kulit. Menyikat gigi tiga kali dalam sehari. Pakaian harus dicuci dan dijemur sesering mungkin. Harus selalu makan makanan yang bergizi.

B. Obat Penyakit Malaria
Penderita penyakit malaria umumnya menampakkan gejalagejala sebagai berikut:
a. badan terasa panasdingin,
b. suhu badan tinggi disertai rasa kedinginan,
c. sering berkeringat,
d. badan lemas,
e. wajah tampak pucat,
f. perut terasa sakit.

=Cara pengobatan
Ambil 15 lembar daun sambiloto, rebus dengan empat gelas air sampai mendidih. Biarkan air terus mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin minumlah tiga kali sehari sebanyak setengah gelas untuk penurun panas dan penambah daya tahan tubuh.

=Pencegahan timbulnya penyakit
Gunakan kelambu bila tidur, atau memasang kawat kasa pada setiap pintu dan jendela kamar tidur. Bersihkan rumah dari barang-barang yang sudah tidak terpakai karena dapat menjadi sarang nyamuk. Gunakan daun legundi segar untuk mengusir nyamuk. Gantungkan daun legundi di dalam kamar. Usahakan agar di sekitar rumah tidak terdapat genangan air, tempat nyamuk bertelur.

=Keterangan
Penyakit malaria dapat menular melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Datanglah ke PUSKESMAS secepatnya bila terserang penyakit malaria.

C. Obat Panas Demam
Penderita panas demam umumnya menampakkan gejalagejala sebagai berikut:
a. badan terasa lemah dan lesu,
b. otot-otot dan persendian terasa nyeri,
c. kepala terasa pusing-pusing,
d. nafsu makan berkurang,
e. dapat disertai batuk-batuk.

=Cara pengobatan
Ambil 15 lembar daun sambiloto, rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Biarkan terus mendidih sampai air tinggal separuhnya. Setelah dingin, minumlah tiga kali sehari sebanyak setengah gelas.

=Pencegahan timbulnya penyakit
Banyak beristirahat, tidak boleh terlalu capek. Banyak makan makanan yang bergizi.

=Cara menanam
Sambiloto ditanam dengan bijinya atau dengan stek batang. Tanaman ini dapat tumbuh liar di daerah terbuka. Untuk pertumbuhannya, tanaman ini sedikit memerlukan sinar matahari dan sedikit memerlukan air.

=Nama-nama daerah
Jawa : bidara, sadilata, takila Madura : sambilata,
Sumatera : pepaitan

Sumber:
Hasanah, Lulu, 1997. Tanaman Obat Keluarga. Surabaya: PT Widyantara. Hal.83-85
Mahendra, B. 2005. 13 Jenis Tanaman Obat Ampuh. Jakara: Penebar Swadaya. Halaman 106.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *